Detail Penelitian

PENGEMBANGAN PERANGKAT PERKULIAHAN ALJABAR LINEAR BERBASIS PENDEKATAN TEORI APOS


by Admin | 4 hari yang lalu | 192 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Prof. Dr. I Made Arnawa, M.Si.
Judul Penelitian PENGEMBANGAN PERANGKAT PERKULIAHAN ALJABAR LINEAR BERBASIS PENDEKATAN TEORI APOS
Tahun penelitian 2018
Jenis Penelitian Riset Murni
Lokasi Penelitian Sumatera Barat
Status Penelitian Dalam Proses

Abstrak


Salah satu sasaran utama dalam RENSTRA Universitas Andalas (UNAND) adalah meningkatnya kemampuan soft skill mahasiswa. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, saat ini UNAND sudah menganjurkan dan bahkan sudah memfasilitasi semua dosen untuk melaksanakan perkuliahan yang “Student Centered Learning (SCL)”, misalnya dengan menerbitkan modul yang berisi berbagai model atau pendekatan dalam SCL. Agar perkuliahan yang “SCL” dapat berjalan dengan optimal, dosen perlu mengembangkan perangkat perkuliahan untuk matakuliah yang diampunya berdasarkan salah satu pendekatan SCL. Aljabar Linear merupakan salah satu matakuliah wajib pada program studi Matematika FMIPA UNAND dengan bobot 4 sks. Perangkat perkuliahan yang digunakan dosen dalam perkuliahan Aljabar Linear selama ini belum mengacu kepada salah satu pendekatan dalam SCL, sehingga dosen kesulitan dalam mengajak mahasiswa agar terlibat aktif dalam perkuliahan. Rencana pembelajaran semester (RPS) dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang dirancang berdasarkan suatu pendekatan dalam SCL dapat dipakai untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proses perkuliahan, yaitu melalui aktivitas-aktivitas yang melibatkan interaksi antar mahasiswa dan interakasi antara mahasiswa dengan dosen. Teori APOS merupakan salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang dikhususkan untuk perguruan tinggi. Teori APOS menyatakan bahwa pengetahuan merupakan hasil konstruksi mahasiswa secara individu maupun bersama- sama (kooperatif) dan proses konstruksinya dapat dibantu melalui penggunaan komputer (ICT) dalam perkuliahan. Pada penelitian ini dirancang RPS dan LKM berbasis pendekatan teori APOS, yaitu RPS dan LKM yang mengintegrasikan model koooperatif tipe STAD dan ICT. Kooperatif tipe STAD merupakan tipe model kooperatif yang paling sederhana, sehingga relatif mudah diimplementasikan dalam perkuliahan. Penggunaan ICT dalam perkuliahan akan membantu mahasiswa dalam menemukan fakta-fakta yang terkait dengan sifat-sifat dalam Aljabar Linear. Dengan mengacu kepada model pengembangan Plomp, tujuan pengembangan RPS dan LKM dan tahapan pengembangan yang dilakukan pada setiap tahun adalah sebagai berikut. Tahun pertama, tujuan peneleitiannya adalah menghasilkan RPS dan LKM berbasis teori APOS yang valid dan Praktis. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan langkah-langkah sebagai berikut: (a) melakukan penelitian pendahuluan untuk mengetahui permasalahan dalam perkuliahan Aljabar Linear, yang meliputi analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis mahasiswa. (b) berdasarkan analisis pendahuluan, selanjutnya dirancang draft awal RPS dan LKM, (c) sebelum divalidasi, terlebih dahulu dilakukan self evaluation, (d) Selanjutnya RPS dan LKM divalidasi kepada sejumlah pakar dalam perkuliahan Aljabar Linear, (e) melakukan one-to-one evaluation kepada tiga orang mahasiswa untuk memperoleh informasi awal tentang kemudahan penggunaan LKM, (d) melakukan ujicoba kelompok kecil untuk melihat tingkat kepraktisan RPS dan LKM. Hasil penelitian tahun pertama menunjukkan bahwa RPS dan LKM sudah valid dan Praktis, sehingga dapat digunakan dalam perkuliahan Aljabar Linear Elementer. Pada tahun kedua, direncakan untuk meneliti dampak pengunaan dari RPS dan LKM terhadap hasil belajar dalam Aljabar Linear Elementer melalui penelitian eksperiment.

Link Terkait