PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA
Peneliti | Dra. ZULFA AMRINA M.Pd. |
Judul Penelitian | PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA |
Tahun penelitian | 2017 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | sumbar |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Tujuan pembelajaran matematika dimaksudkan untuk membekali peserta didik, dengan kompetensi kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama ( Kemendikbud, 2013) . Sehingga dengan bekal tersebut peserta didik akan mampu bersaing di pasar kerja. Namun tantangannya peserta didik mengeluh bahwa sulitnya menciptakan model pembelajaran matematika untuk siswa Sekolah Dasar. Pembelajaran matematika yang dilaksanakan selama ini, dilaksanakan secara konfensional ( ceramah) . Belum ada bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis dan kreatif mahasiswa. Sehingga harus segera dicari alternatif solusinya melalui pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika. Model pembelajaran berbasis masalah sangat relevan dengan pembelajaran matematika, karena memfasilitasi peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis dan kreatif, karena proses pembelajarannya berawal dari masalah yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran matematika berupa perangkat pembelajaran matematika ( RPS dan LKM ) , modul pembelajaran matematika berbasis masalah, instrumen kemampuan berpikir logis, instrumen kemampuan berpikir kritis dan instrumen kemampuan berpikir kreatif, media pembelajaran berupa video pembelajaran yang valid, praktis dan efektif dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini termasuk pada penelitian pengembangan atau development research ( RnD ) . Untuk mengukur validitas produk dilakukan Expert Judgement/uji pakar dan Focus Group Discussion, sedangkan untuk kepraktisan dilakukan uji penerapan produk ke mahasiswa dalam bentuk angket kepraktisan produk dan untuk melihat kemampuan produk meningkatkan kemampuan berpikir logis, kritis dan kreatif mahasiswa dilakukan penelitian tindakan atau action research.