Mendeskripsikan Ketersediaan dan Pemanfaatan Media Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA di SD Negeri Se-Kecamatan Siulak Mukai dan Se-Kecamatan Siulak
Peneliti | SISKA ANGRENI |
Judul Penelitian | Mendeskripsikan Ketersediaan dan Pemanfaatan Media Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA di SD Negeri Se-Kecamatan Siulak Mukai dan Se-Kecamatan Siulak |
Tahun penelitian | 2017 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | sumbar |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Berdasarkan observasi awal di beberapa Sekolah Dasar Negeri di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Siulak Mukai dan Kecamatan Siulak, diperoleh informasi ketersediaan media KIT IPA masih kurang selain itu pemanfaatan media KIT IPA dalam pembelajaran juga kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis ketersediaan dan pemanfaatan media Komponen Instrumen Terpadu ( KIT ) dalam pembelaran IPA di SD Negeri Kecamatan Siulak Mukai dan Kecamatan Siulak dan memdeskripsikan pendapat para guru yang mengajar mata pelajaran IPA di SDN Kecamatan Siulak Mukai dan Kecamatan Siulak tentang media KIT IPA. Penelitian ini akan dilakukan di beberapa SD Negeri di Kecamatan Siulak Mukai dan Kecamatan Siulak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 27 SD Negeri di Kecamatan Siulak Mukai dan Kecamatan Siulak, dengan sampel 12 SD Negeri serta responden 48 orang guru mata pelajaran IPA atau guru kelas. Berdasarkan hasil observasi ketersediaan media KIT IPA di SDN kecamatan Siulak Mukai adalah media KIT bunyi tersedia di enam sekolah. Media KIT neraca, media KIT Pesawat sederhana, media KIT astronomi, media KIT Panas dan media KIT air tersedia di lima sekolah. Media KIT listrik dan media KIT cahaya tersedia di empat sekolah. Media KIT optik tersedia di tiga sekolah sedangkan media KIT magnet tidak tersedia di enam sekolah yang diteliti. Sedangkan di SDN kecamatan Siulak adalah sepuluh komponen media KIT IPA yang diamati media KIT neraca, media KIT pesawat sederhana, media KIT panas tersedia di 5 sekolah. Media KIT cahaya, media KIT bunyi, media KIT astronomi dan media KIT air tersedia di 4 sekolah. Media KIT listrik tersedia di 3 sekolah. Media KIT optik tersedia di 2 sekolah dan media KIT magnet tersedia di 1 sekolah. Berdasarkan pengolahan data dan analisis data dari berbagai instrumen dapat disimpulkan bahwa ( 1) ketersediaan media KIT IPA di SDN Kecamatan Siulak Mukai dan SDN kecamatan Siulak pada umumnya sudah mencukupi untuk terlaksananya pembelajaran dengan menggunakan media KIT IPA. Media KIT IPA yang tersedia di SDN Kecamatan Siulak Mukai berjumlah 42 unit sedangkan di SDN kecamatan Siulak berjumlah 37 unit. ( 2) Kondisi media KIT IPA di SDN Kecamatan Siulak lebih baik dari SDN Kecamatan Siulak Mukai, deskripsi kondisi media KIT IPA di SDN kecamatan Siulak adalah 9 kondisi baik, 20 cukup baik dan 8 rusak sedangkan kondisi media KIT IPA di SDN kecamatan Siulak Mukai adalah 2 baik, 25 cukup baik dan 15 rusak. ( 3 ) Pemanfaatan media KIT IPA dalam proses pembelajaran masih rendah baik di SDN kecamatan Siulak maupun SDN kecamatan Siulak Mukai hal ini disebabkan guru tidak terampil dalam menggunakan media KIT IPA. ( 4 ) Kendala dalam pemanfaatan media KIT IPA adalah sulitnya memahami buku panduan dan memilih alat yang akan digunakan, waktu yang tidak cukup atau relatif panjang untuk mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan, tidak terampil menggunakan media KIT IPA karena memang belum pernah mengikuti pelatihan penggunaan media KIT IPA.