PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING
Peneliti | RONA TAULA SARI |
Judul Penelitian | PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING |
Tahun penelitian | 2017 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | sumbar |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Pendidikan nilai moral menjadi sangat langka ketika orientasi pembelajaran lebih mengutamakan penguasaan ilmu pengetahuan untuk memperkuat kemampuan kognitif peserta didik. Dalam upaya implementasi nilai-nilai karakter peserta didik sekolah dasar dibutuhkan modul pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam memperoleh informasi dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Modul pembelajaran berorientasi pendidikan karakter melalui pendekatan Quantum Learning dapat membantu dan memudahkan guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Dahlan ( 2012: ) menyatakan bahwa pendekatan Quantum Learning memanfaatkan berbagai variasi sumber belajar dan kegiatan belajar. Pada proses pembelajaran, siswa dan guru meningkatkan motivasi, meningkatkan nilai belajar, memperbesar keyakinan diri, mempertahankan sikap positif, dan melanjutkan keberhasilan dengan memanfaatkan keterampilan yang diperoleh. Untuk menghasilkan modul pembelajaran berorientasi pendidikan karakter melalui pendekatan Quantum Learning peneliti menggunakan development research model 3-D Trianto ( 2009) . Tahap pendefinisian ( define ) dilakukan analisis kurikulum, analisis siswa, dan analisis konsep dilanjutankan dengan perancangan ( design ) modul sesuai indikator dan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan melalui analisis kebutuhan. Pengembangan ( develop ) modul pembelajaran berorientasi pendidikan karakter melalui pendekatan Quantum Learning sebelum di uji coba kepada siswa SD kelas V terlebih dahulu divalidasi ahli dan pratisi yang akan digunakan sebagai landasan penyempurnaan/revisi modul. Maka dari itu diperolehlah modul pembelajaran berorientasi pendidikan karakter melalui pendekatan Quantum Learning yang valid, praktis dan efektif. Dari hasil penelitian yang dilakukan di ketahui bahwa modul pembelajaran berorientasi pendidikan karakter melalui pendekatan Quantum Learning pada materi sistem pencernaan untuk SD berada pada kategori sangat valid. Berdasarkan uji coba terbatas, diketahui keterlaksanaannya berada pada kategori baik. Respon siswa setelah menggunakan modul pembelajaran ini menujukkan hasil yang positif dengan rata-rata respon sangat sesuai. Hasil pengamatan aktivitas siswa tinggi. Penilaian ranah kognitif, dan afektif menunjukkan ketuntasan melebihi batas minimal. Kesimpulan penelitian adalah modul pembelajaran berorientasi pendidikan karakter melalui pendekatan Quantum Learning mata materi Sistem Pencernaan untuk Sekolah Dasar dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif. Kata kunci : Modul pembelajaran, Pendidikan Karakter dan Quantum Learning