KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI PADANG DAN KORELASINYA DENGAN PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SMA DAN SMK
Peneliti | Dra. Husna Ma'ani, M.Pd |
Judul Penelitian | KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI PADANG DAN KORELASINYA DENGAN PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SMA DAN SMK |
Tahun penelitian | 2016 |
Jenis Penelitian | Riset Murni |
Lokasi Penelitian | Sumbar |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Penelitian ini merupakan lanjutan dari Penelitian Tahap I Tahun 2015 yang hasilnya adalah kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa Diploma-III dan Diploma IV Politeknik Negeri Padang (PNP) masih terbatas. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa korelasi kemampuan berbicara mahasiswa PNP dengan kompetensi guru-guru bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar serta efektifitas proses, stretagi dan metode pembelajaran bahasa Inggris di SMA dan SMK sangat signifikan. Artinya, terdapat hubungan terbatasnya kemampuan mahasiswa PNP berbicara bahasa Inggris dengan hasil PBM bahasa Inggris ketika mereka masih di SMA atau SMK. Hasil temuan ini diduga akan mengakibatkan tenaga kerja asing akan menggeser dan menggantikan tenaga kerja Indonesia, termasuk didalamnya lulusan PNP. English communication skill lulusan PNP sangat diharapkan namun hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah selama 4 – 5 semester mengikuti perkuliahan bahasa Inggris, kemampuan mahasiswa untuk berkomunikasi bahasa Inggris masih terbatas. Terbatasnya keterampilan berbicara mahasiswa sangat signifikan hubungannya dengan Proses Pembelajaran bahasa Inggris di SMA dan SMK. Oleh sebab itu, dengan dilanjutkannya penelitian ini ke penelitian Tahap ke 2 yang akan dilaksanakan dengan mengaplikasikan rancangan Silabus berbasiss kompetensi dengan teknik dan metode Communicative Language Teaching (CLT) akan mampu meningkatkan English communication skill mahasiswa PNP. Berdasarkan pemikiran tersebut, tim peneliti akan membuktikan secara empiris bahwa dengan memaksimalkan penggunaan teknik-teknik dan metode Communicative Language Teaching (CLT) selama perkuliahan bahasa Inggris akan mampu meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa PNP. Untuk itu tim peneliti telah merancang Silabus Bahasa Inggris berbasis kompetensi, yang akan digunakan oleh tim peneliti untuk mahasiswa PNP yang telah ditetapkan sebagai responden. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Semester III-TA 2016/2017, Jurusan Rekayasa Politeknik Negeri Padang yang dipilih berdasarkan kesetaraan nilai pelajaran bahasa Inggris pada semester Genap (Semester II) Tahun Akademik 2015/2016, yaitu teridiri dari dua kelas, Kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen. Teknik pembelajaran lebih ditekankan kepada pengintegrasian keterampilan listening, reading, dan writing kepada speaking skill. Kelas Kontrol diberikan perlakuan dengan metode GTM sedangkan kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan metode CLT. Selanjutnya hasil penelitian ini akan menghasilan Modul Bahan Ajar Bahasa Inggris dengan pendekatan komunikatif (CLT). Dengan penekanan pembelejaran pada keterampilan berbicara melalui aktivitas-aktivitas dengan teknik dan metode CLT, yang akan diuraikan secara terstruktur dalam Modul tersebut, staf dosen bahasa Inggris Politeknik Negeri Padang akan sangat terbantu dalam usaha meningkatkan English communication skill mahasiswa.