Analisa Daya Dukung Sub Grade Jalan Raya dengan Penambahan Kapur Dan Sekam Padi guna Meningkatkan Stabilitas Tanah Ekspansif
Peneliti | Silvianengsih, ST.,MT |
Judul Penelitian | Analisa Daya Dukung Sub Grade Jalan Raya dengan Penambahan Kapur Dan Sekam Padi guna Meningkatkan Stabilitas Tanah Ekspansif |
Tahun penelitian | 2017 |
Jenis Penelitian | Riset Murni |
Lokasi Penelitian | Sumbar |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Ruas jalan lingkar Sicincin - Lubuk Alung kabupaten Padang Pariaman terjadi retak retak pada beberapa ruas jalan dan mengaIami deformasi yang tidak rata ( bergelombang ), hal ini disebabkan oleh tanah dasar yang terdiri dari tanah lempung dengan tingkat kembang susut yang tinggi. Untuk mengatasi permasalan tersebut perlu usaha untuk memperbaiki sifat mekanis tanah dasar (sub grade), dengan tujuan meningkatkankan daya dukung tanah (CBR) dan mengurangi kembang susut (swelling) . Pada penelitian ini akan memafaatkan material lokal hasil produksi masyarakat setempat sebagai material stabilisasi tanah yaitu kapur dan abu sekam padi, material terscbut mudah didapatkan dimasyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan cara mencampur tanah dengan kapur (variasi kadar kapur 5%, 8%,11%, 14% dan 17%) dan abu sekam padi (konstan 2.5%) masing masing variasi, kemudian dilakukan uji CBR rendaman, Dari basil pengujian akan didapatkan persentase kadar kapur + abu sekam padi yang paling optimum yaitu pada variasi (kadar kapur dan kapur +abu sekam padi ) 11 %, didapat nilai CBR rencana 25%, dan nilai swelling 0.13% .. Hasil ini dapat dimanfaatkan oleh pam pelaku kontruksi dalam memilih metode stabilisasi yang efektif, dan juga meningkatkan ekonomi masyarakat.