Detail Penelitian

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS GREEN HISTORY PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS


by Admin | 10 jam yang lalu | 151 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Elfa Michellia Karima, M. Pd
Judul Penelitian PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS GREEN HISTORY PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Tahun penelitian 2018
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Kota Padang
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Pengembangan pembelajaran sejarah berbasis pada lingkungan hidup terdiri dari tiga Kompetensi Dasar (KD); KD 3.1 Menganalisis perubahan, dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia, KD 3.2 Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat ( Portugis, Belanda dan Inggris ) di Indonesia, dan KD 3.3 Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20. Penyusunan modul berbasis Green History ini diarahkan juga dengan adanya informasi penting mengenai keadaan lingkungan saat itu serta dampak yang terjadi akibat dari suatu peristiwa sejarah. Pengembangan pembelajaran sejarah merupakan salah satu aplikasi dari pendekatan ecopedagogy yang diwujudkan dalam kecerdasan ekologis dan perilaku hijau. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran peserta didik mengenai nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang juga merupakan penelitian research and development. Pengembangan modul sebagai salah satu bahan ajar inovatif terhadap pembelajaran sejarah memiliki tahapan ; 1) pengumpulan data, 2) Desain Model, 3) Validasi Desain 4) Revisi Desain 5) Uji Coba Produk 6) Revisi Produk 7) Produksi Masal Produk. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Juli 2018, diawali dengan perancangan dan penulisan draft dan observasi ke beberapa sekolah yang telah di pilih secara acak untuk melihat kondisi pembelajaran yang dilakukan dan proses mengaitkan peristiwa sejarah dengan keadaan lingkungannya, dilanjutkan dengan mendesain modul sehingga memiliki fungis user-friendly, serta melalui tahapan editing agar pembelajaran sejarah yang disajikan dalam modul memiliki kebermaknaan. Semua tahapan penulisan modul tersebut masih berlangsung sampai saat ini oleh tim peneliti.

Link Terkait