Detail Penelitian

Pengembangan Bahan Ajar Statistika Pendidikan Fisika Menggunakan Model Problem Solving


by Admin | 7 jam yang lalu | 162 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Wahyuni Satria Dewi, S.Pd, M.Pd
Judul Penelitian Pengembangan Bahan Ajar Statistika Pendidikan Fisika Menggunakan Model Problem Solving
Tahun penelitian 2018
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Kota Padang
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Penelitian ini penting sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh sebagian besar mahasiswa dalam mata kuliah Statistika Pendidikan Fisika. Masalah dalam penelitian ini adalah mahasiswa belum mampu menyelesaikan persoalan statistik dengan sistematis benar, kemampuan mahasiswa masih rendah dalam menyelesaikan persoalan statistik yang diberikan oleh dosen di kelas. Hal ini disebabkan oleh materi Statistika Pendidikan Fisika masih abstrak dan sulit dimengerti oleh mahasiswa. Selain itu, buku-buku sumber yang digunakan dalam perkuliahan hanya dalam bentuk buku paket dan belum berorientasi pada langkah-langkah pemecahan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari seperti masalah pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Statistika Pendidikan Fisika menggunakan model Problem Solving dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate). Tahap analyze diawali dengan pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada mahasiswa pendidikan fisika semester Juli-Desember 2017. Tahap analyze menunjukkan beberapa hasil yaitu; 1) bahan ajar yang digunakan oleh dosen dalam perkuliahan belum sepenuhnya menarik bagi siswa untuk dipelajari kembali secara mandiri. 2) tugas yang telah diberikan oleh dosen telah mampu memotivasi siswa untuk menyelesaikannya. 3) dosen telah memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam memecahkan masalah, Namun belum menggunakan metode yang bervariasi. 4) materi yang disajikan dalam perkuliahan belum sepenuhnya dimengerti oleh mahasiswa, karena beberapa materi masih abstrak. 5) Hanya sebagian kecil mahasiswa dapat menjawab masalah statistik dengan cepat dan benar. 6) Mahasiswa telah memiliki keterampilan matematika dasar yang cukup, tetapi hanya sebagian mahasiswa yang dapat menggunakan rumus statistik dengan benar. Dan 7) Mahasiswa yang mampu menggambarkan kurva distribusi dan grafik dengan benar sudah cukup.

Link Terkait