Pengembangan Game Edukasi Klasifikasi Tumbuhan Berbasis Permainan Koa sebagai Media Pembelajaran Biologi untuk Siswa Kelas X SMA
Peneliti | Rahmadhani Fitri, M.Pd |
Judul Penelitian | Pengembangan Game Edukasi Klasifikasi Tumbuhan Berbasis Permainan Koa sebagai Media Pembelajaran Biologi untuk Siswa Kelas X SMA |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Murni |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Pada saat ini, siswa lebih senang bermain game daripada belajar atau membaca buku. Oleh karena itu, diperlukan variasi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbentuk game edukasi. Game edukasi memudahkan siswa dalam memahami pelajaran yang akan diajarkan dengan metode yang menyenangkan sehingga siswa tidak bosan dengan metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru berupa ceramah, diskusi, atau tanya jawab. Klasifikasi atau pengelompokan makhluk hidup khususnya tumbuhan relatif susah dimengerti bila hanya mengandalkan buku-buku yang bersifat verbal. Game ini akan disusun berbasis permainan koa. Permainan koa merupakan salah satu permainan kartu yang ada di minang (Sumatera Barat) yang menerapkan prinsip klasifikasi dalam permainannya. Dari observasi yang dilakukan, belum banyak guru yang menggunakan game edukasi ini terutama untuk memudahkan dalam mempelajari materi mengenai taksonomi khususnya klasifikasi makhluk hidup. Game edukasi klasifikasi tumbuhan berbasis permainan koa yang akan dikembangkan diharapkan dapat berfungsi untuk memudahkan siswa dalam mempelajari pengelompokan tumbuhan yang tergolong susah untuk dihafalkan. Karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan game edukasi klasifikasi tumbuhan berbasis permainan koa sebagai media pembelajaran biologi untuk siswa kelas X SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Game edukasi klasifikasi tumbuhan berbasis permainan koa ini dikembangkan dengan menggunakan four-D models. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba game edukasi yang dikembangkan. Rancangan game edukasi yang telah didesain, divalidasi oleh pakar kemudian di uji coba secara terbatas pada siswa SMA untuk mengetahui kepraktisan dari produk yang telah dikembangkan. Analisis data hasil validasi dan uji coba terbatas dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan tahapan penelitaan yang telah dilakukan didapatkan hasil penelitian bahwa materi klasifikasi tumbuhan ini diajarkan tidak hanya untuk siswa SMA saja tetapi juga dipelajari oleh mahasiswa di Perguruan Tinggi khususnya mahasiswa Jurusan Biologi pada mata kuliah Taksonomi Tumbuhan atau Keanekaragaman Tumbuhan. Hasil validasi produk penelitian game edukasi oleh validator ahli materi dan media pembelajaran didapatkan hasil bahwa nilai validitas game edukasi klasifikasi tumbuhan adalah 89,13 dengan kriteria valid. Berdasarkan uji coba (uji praktikalitas) produk game edukasi klasifikasi tumbuhan didapatkan nilai 89,20% dengan kriteria praktis. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan game edukasi klasifikasi tumbuhan berbasis permainan koa sebagai media pembelajaran biologi yang valid dan praktis