Detail Penelitian

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH RIAS WAJAH FOTO/TV/FILM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA RIAS DAN KECANTIKAN JURUSAN TATA RIAS DAN KECANTIKAN FPP UNP


by Admin | 36 menit yang lalu | 147 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Tyas Asih Surya Mentari, M. Pd
Judul Penelitian PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH RIAS WAJAH FOTO/TV/FILM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA RIAS DAN KECANTIKAN JURUSAN TATA RIAS DAN KECANTIKAN FPP UNP
Tahun penelitian 2018
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Kota Padang
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Permasalahan yang ditemui pada pembelajaran Rias Wajah Karakter Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan TRK FPP UNP adalah mahasiswa kesulitan menentukan tema pada Rias Wajah Karakter, mengaplikasikan bahan dan kosmetika pada Rias Wajah Karakter, serta kesesuaian disain Rias Wajah Karakter pada aplikasi Rias Wajah Karakter sehingga hasil Rias Wajah Karakter kurang maksimal. Permasalahan ini diperkirakan muncul karena penggunaan media pembelajaran yang digunakan kurang dapat mengoptimalkan pemahaman mahasiswa, sehingga aktivitas dan hasil belajar mata kuliah Rias Wajah Karakter Foto/TV/Film rmateri Rias Wajah Karakter hasil nilai praktek cenderung rendah. Diharapkan dengan penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar Rias Foto/TV/Film materi Rias Wajah Karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan TRK FPP UNP yang sedang mengikuti mata kuliah Rias Wajah Karakter semester Juli-Desember 2018 berjumlah 21 orang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil menggunakan tes hasil belajar, lembar pengamatan, nilai praktek materi Rias Wajah Karakter. Penelitian ini direncanakan dalam dua siklus. Siklus 1 dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan sampai terjadi satu siklus kemudian direfleksi dan dilanjutkan dengan siklus II. Siklus II dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Apabila telah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar Rias Wajah Karakter pada siklus I dan Siklus II maka penelitian dihentikan.

Link Terkait