PEMANFAATAN KANAL YOUTUBE DALAM PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEORI MUSIK INTERAKTIF PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MUSIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Peneliti | Irdhan Epria Darma Putra, S.Pd, M.Pd |
Judul Penelitian | PEMANFAATAN KANAL YOUTUBE DALAM PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEORI MUSIK INTERAKTIF PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MUSIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Mata kuliah Teori Musik sebagai garda depan mata kuliah lainnya di Prodi Pendidikan Musik UNP tentu harus mampu memfasilitasi kebutuhan pembelajaran teori musik bagi mahasiswa secara optimal, mengingat perannya yang sangat fundamental. Namun faktanya, Prodi Pendidikan Musik UNP sampai saat ini (tahun kedua berjalan) masih belum memiliki modul pembelajaran teori musik yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran teori musik. Oleh karenanya, tim peneliti sangat tertarik mengkaji dan meneliti mata kuliah ini untuk dapat mengembangkan bahan ajarnya menjadi sebuah modul pembelajaran yang menarik, sistematis, konstruktif, interaktif, serta akrab dengan gaya hidup mahasiswa kekinian yang tidak bisa jauh dari gadget, internet, maupun media sosial berbagi video seperti halnya YouTube. Pertimbangan untuk mengembangkan modul pembelajaran teori musik interaktif dengan memperhatikan gaya hidup mahasiswa saat ini, menjadi kunci bagi penelitian ini. Faktanya, media sosial yang paling sering diakses mahasiswa untuk pembelajaran musik secara instan adalah YouTube. Oleh karenanya, tim peneliti akan memanfaatkan YouTube dengan cara membuat kanal khusus pembelajaran teori musik yang dikombinasikan dengan modul pembelajaran teori musik interaktif dalam bentuk cetak. Dalam penelitian ini, tim peneliti menerapkan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE karena diyakini efektif untuk digunakan sebagai pengembangan modul pembelajaran interaktif