Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Pada Mata Kuliah Kalkulus Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematika Mahasiswa
Peneliti | Khairani, M. Pd |
Judul Penelitian | Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Pada Mata Kuliah Kalkulus Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematika Mahasiswa |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Kalkulus merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa yang berkuliah di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang dikarenakan kalkulus merupakan dasar dari ilmu pengetetahuan alam. Namun, pada kenyataannya mahasiswa cenderung kesulitan untuk memahami konsep kalkulus tersebut. Padahal materi kalkulus tersebut sangat berkaitan dengan materi mata kuliah berikutnya di jurusan mereka masing-masing. Kesulitan mahasiswa dalam menguasai konsep kalkulus dapat disebabkankan kurangnya kemampuan koneksi dan komunikasi mahasiswa. Kurangnya kemampuan tersebut dapat disebabkan materi kalkulus yang kurang terintegrasikan dengan materi-materi ilmu pengetahuan alam lainnya. Salah satu solusi atas permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran STEM (Sciences, Technology, Enguneering and Mathematics) yang memadukan keempat unsur STEM menjadi kesatuan yang padu sehingga mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan tentang kalkulus tetapi juga memiliki keterampilan menggunakan konsep kalkulus untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan komunikasi mahasiswa dalam perkuliahan kalkulus dengan menerapkan pembelajaran berbasis STEM. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen pretest-posttest-non-equivalent-control-group design di mana populasinya adalah seluruh mahasiswa tahun pertama yang mengambil mata kuliah kalkulus pada semester genap 2017/2018. Adapun sampel penelitian ini diambil dengan purposive sampling dan terbagi atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis datanya menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan bantuan software SPSS