Detail Penelitian

ANALISIS KESALAHAN PENULISAN GAIRAIGO PADA MAHASISWA TINGKAT II TAHUN AJARAN 2017/2018 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI PADANG


by Admin | 19 jam yang lalu | 146 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Damai Yani, S.Hum, M.Hum
Judul Penelitian ANALISIS KESALAHAN PENULISAN GAIRAIGO PADA MAHASISWA TINGKAT II TAHUN AJARAN 2017/2018 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Tahun penelitian 2018
Jenis Penelitian Riset Murni
Lokasi Penelitian Kota Padang
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Gairaigo menjadi salah satu aspek pembelajaran yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa Jepang. Banyaknya perbedaan penulisan gairaigo dari bahasa aslinya, baik secara fonologi maupun morfologi membuat pembelajar bahasa Jepang sering melakukan kesalahan dalam penulisan gairaigo. Penelitian ini difokuskan pada bentuk dan jenis kesalahan dalam penulisan gairaigo pada mahasiswa tingkat II tahun ajaran 2017/2018 program Studi pendidikan Bahasa Jepang FBS UNP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kesalahan berdasarkan teori Tarigan (2011). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif (metode kombinasi) dengan model sequential explanatory (urutan pembuktian) yang diusulkan oleh Creswell (2009). Bentuk kesalahan yang ditemukan dalam penelitian ini, yaitu: Pada indikator pertama sebanyak 76 butir kesalahan dengan persentasi 16,89% bentuk kesalahan fonologi. Sedangkan bentuk kesalahan morfofologi sebanyak 40 butir kesalahan dengan persentasi 8,89%. Bentuk kesalahan fonologi pada penulisan gairaigo pada indikator kedua sebanyak 26 kesalahan dengan persentasi 17,33%. Sedangkan bentuk kesalahan morfologi sebanyak 28 butir kesalahan dengan persentasi 18,67%. Sedangkan, untuk jenis kesalahan penulisan gairaigo yang ditemukan pada indikator pertama sebanyak 131 kesalahan dengan persentasi 29,11% untuk kesalahan mistake. Sedangkan, untuk kesalahan lapses sebanyak 5 kesalahan dengan persentasi 1,11%. Jenis kesalahan mistake pada indikator kedua sebanyak 59 kesalahan dengan persentasi 39,33%. Pada jenis kesalahan lapses sebanyak 2 kesalahan dengan persentasi 1,33%. Sedangkan jenis kesalahan eror pada indikator pertama sebanyak 44 kesalahan dengan persentasi 9, 78%. Untuk inikator kedua sebanyak 21 kesalahan dengan persentasi 14, 00%

Link Terkait