PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBALAJARAN MATA KULIAH GAMBAR MESIN BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK PENDIDIKAN VOKASI
Peneliti | Rahmat Azis Nabawi, S.Pd, M.Pd.T |
Judul Penelitian | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBALAJARAN MATA KULIAH GAMBAR MESIN BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK PENDIDIKAN VOKASI |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Dalam upaya mengoptimalkan revitalisasi kurikulum yang telah dicanangkan oleh Universitas Negeri Padang pada tahun 2017, maka perlunya revitalisasi secara menyeluruh termasuk kepada pengembangan perangkat pembelajaran sebagai panduan dosen dalam mengajar dan panduan mahasiwa untuk belajar. Model pembelajaran yang telah banyak diteliti dan dikembangkan untuk pembelajaran pada pendidikan vokasi adalah model project based learning (PjBL), karena model ini sesuai dengan karakteristik pembelajaran pada pendidikan vokasi yang secara filosofis sebagai bentuk pendidikan yang menyiapkan lulusan untuk siap bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangan perangkat pembelajaran mata kuliah gambar mesin berbasis model project based learning yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan pada mata kuliah gambar mesin. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung dari validator, dosen dan mahasiswa yang diambil melalui angket. Hasil penelitian validasi kepada pakar menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran mata kuliah gambar mesin. Berdasarkan respon dosen dan mahasiswa perangkat pembelajaran gambar mesin berada dalam keteggori sangat praktis. Memudahkan dosen dalam mengkondisikan pembelajaran sesuai dengan karakteristik dari model PjBL dan buku ajar yang menjadi pegangan mahasiswa memudahkan mahasiswa untuk belajar secara mandiri dan aktif pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Efektifnya kegiatan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran membuat lebih baiknya kompetensi mahasiswa. Hal ini terbukti dari hasil penelitian eksperimen dengan membandingkan kegiatan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran dengan kegiatan pembelajaran tanpa menggunakan perangkat pembelajaran, dimana hasil penelitian menunjukan mahasiswa pada kelas penelitian dengan kegiatan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran lebih unggul kompetensinya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa untuk lebih optimalnya penerapan model PjBL pada kegiatan pembelajaran mestinya dosen menggunakan perangkat pembelajaran. agar kegiatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan tahapan pembelajaran dari model PjBL.