Detail Penelitian

ANALISIS KEMAMPUAN DOSEN MKDK UNP DALAM MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS LMS MOODLE


by Admin | 2 jam yang lalu | 172 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Yulianto Santoso, S.Pd, M.Pd
Judul Penelitian ANALISIS KEMAMPUAN DOSEN MKDK UNP DALAM MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS LMS MOODLE
Tahun penelitian 2018
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Kota Padang
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Penelitian ini sejalan dengan Rencana Induk Penelitian Universitas Negeri Padang terkait dengan pengembangan teknologi informasi. Dimana e-learning atau online course ini merupakan salah satu bentuk inovasi teknologi pembelajaran yang selayaknya di laksanakan terorganisir di Universitas Negeri Padang. Meskipun aplikasi e-learning LMS Moodle ini sudah dikembangkan di UNP semenjak tahun 2010, namun dalam pemanfaatannya perlu ada upaya analisis yang konkrit terkait dengan kemampuan dosen dalam menggunakannya agar materi yang disampaikan susuai dengan standar kompetensi mahasiswa yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Padang terhadap seluruh dosen yang mengajar Mata Kuliah Dalam Keahlian (MKDK). Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dianalisis dengan rumus statistik sederhana yaitu rumus rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap informasi berkenaan dengan kemampuan dosen dalam menggunakan pendekatan pembelajaran elearning berbasis Moodle yang ditinjau dari tahapantahapan pembelajaran yaitu: (1) tahapan preinstruksional/pendahuluan, (2) tahapan instruksional, (3) evaluasi dan tindak lanjut. Populasi penelitian ini sebanyak 104 orang dosen, sementara sampel penelitian ini sebanyak 64 orang yang dimabil dengan metode proposionate randome sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket model skala likert dengan 5 alternatif jawaban responden, kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus ratarata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dosen kurang mampu menggunakan pendekatan pembelajaran elearning berbasis moodle dengan skor 3,33. Sehingga dengan demikian dibutuhkan usaha dalam meningkatkan kemampuan dosen mengguanakan pendekatan pembelajaran elearning berbasis moodle.

Link Terkait