PENGARUH KETERIKATAN KARYAWAN, EFIKASI DAN KEPUASAN TERHADAP OCB DAN LOYALITAS
Peneliti | Dina Patrisia, SE, M.Si, Ph. D |
Judul Penelitian | PENGARUH KETERIKATAN KARYAWAN, EFIKASI DAN KEPUASAN TERHADAP OCB DAN LOYALITAS |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Perguruan tinggi saat ini tengah dihadapkan pada kompetisi yang sangat tinggi. Perguruan tinggi yang akan bertahan adalah yang mampu menciptakan produk dan layanan yang sesuai dengan keinginan para stakeholders seperti mahasiswa dan pihak pengguna jasa. Untuk menciptakan keunggulan bersaing perguruan tinggi, salah satu faktor penting yang diperhatikan adalah kualitas sumber daya manusianya. Sumber daya manusia di dalam perguruan tinggi tidak hanya dosen tetapi juga termasuk tenaga kependidikan seperti staf administrasi, tenaga labor dan pustaka. Kualitas Kualitas sumber daya manusia yang baik dapat dilihat dari berbagai factor, diantaranya adalah kemauan mereka untuk memberikan pelayanan melebihi dari yang diharapkan oleh pelanggan serta loyalitas mereka terhadap organisasi. Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia juga merasakan hal yang sama. Perguruan tinggi ini perlu menciptakan keunggulan bersaing agar bisa tetap bertahan dan mampu memenangkan persaingan. Pada saat ini memiliki 1125 orang dosen dan 405 orang tenaga kependidikan, sementara jumlah mahasiswa yang dilayani cukup banyak yaitu 39.067 orang. Melayani begitu banyak mahasiswa dengan jumlah staf yang ada saat ini tentu memerlukan upaya yang ekstra dan dituntut kinerja staf yang tinggi seperti mampu melayani dengan baik dan loyalitas terhadap lembaga. Meskipun demikian, loyalitas karyawan/staf bukanlah hal yang bisa muncul begitu saja. Menurut Ineson, Benke, and László (2013) ada banyak hal yang mempengaruhi loyalitas, seperti kepuasan karyawan. Lebih lanjut, salah satu dampak dari kepuasan karyawan selain dari loyalitas adalah kemauan mereka untuk melayani pelanggan melebihi apa yang diharapkan atau yang dikenal dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Ocampo, Tan, & Sia, 2018). Beberapa penelitian terdahulu berpendapat bahwa loyalitas dan OCB baru bisa di dapatkan apabila karyawan telah puas dengan pekerjaan mereka (Jun, Cai, & Shin, 2006; Ocampo et al., 2018; Xie, Zhou, Huang, & Xia, 2017).