Detail Penelitian

Penerapan Kurikulum Ganda pada Salah Satu Sekolah Dasar. Jurnal Menata Vol. III, No. 2 Ta 2020.


by Admin | 2 hari yang lalu | 110 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Pipi Suhadmida Sari dan Yossi Eriawati
Judul Penelitian Penerapan Kurikulum Ganda pada Salah Satu Sekolah Dasar. Jurnal Menata Vol. III, No. 2 Ta 2020.
Tahun penelitian 2020
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Pasaman
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Dalam artikel akan menerangkan tentang penerapan manajemen kurikulum dalam sekolahan.Karena sekarang ini banyak sekali sekolah yang mengabaikan hal itu.Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Isi kurikulum merupakan susunan dan bahan kajian dan pelajaran untuk mencapai tujuan penyelenggaraan satuan pendidikan yang bersangkutan, dalam rangka upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional. Dalam perjalanan sejarah sejak kemerdekaan Indonesia tahun 1945, kurikulum pendidikan nasional memang telah berulangkali mengalami perubahan, yaitu pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1944, dan 2004 serta yang terbaru adalah kurikulum 2013.Kurikulum ialah merupakan sebuah system yang tersusun oleh komponen-komponen, diantara komponen tersebut memiliki hubungan yang erat dan saling menunjang satu sama lain. Komponen-komponen kurikulum tersebut terdiri dari tujuan, materi pembelajaran, metode dan evaluasi. Maka system ini akan mampu berjalan menuju tujuan pendidikan dengan adanya kerja sama dari semua subkomponen yang ada. Namun, apabila salah satu diantara komponen tersebut tidak berjalan dengan baik, maka system kurikulum pun juga akan berjalan kurang maksimal.Peraturan menteri ini memperjelas pelaksanaan kedua kurikulum pada satuan pendidikan yakni kurikulum tahun 2006 (KTSP) dan Kurikulum Tahun 2013 (K-13) yang mana sebelumnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan Kurikulum 2103 pada tanggal 05 Desember 2014. Setelah diberlakukannya kurikulum ganda yang diterapkan dalam pendidikan di Indonesia saat ini, menimbulkan beragai macam kendala dan kebingungan baik dari segi pendidik maupun dari siswa sendiri. Efisiensi pendidikan.mengembangkan kompetensi yang akan disampaikan kepada peserta didik sesuai dengan kondisi lingkungan. Kata Kunci : Kurikulum Ganda,Sekolah Dasar

Link Terkait