Pengaruh metode pembelajaran SCL terhadap motivasi belajar mahasiswa keperawatan padang
Peneliti | Efitra, SKp, M.Kes |
Judul Penelitian | Pengaruh metode pembelajaran SCL terhadap motivasi belajar mahasiswa keperawatan padang |
Tahun penelitian | 2013 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik belum digunakan oleh dosen program studi keperawatan Padang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metoda pembelajaran SCL terhadap motivasi belajar mahasiswa. Disain penelitian Quasi eksperimental dengan one group pre and posstes, Populasi adalah semua mahasiswa tingkat ii yang sedang mengikuti mata kuliah manajemen dan kepemimpinan dalam keperawatan berjumlah 114 mahasiswa. Berdasarkan criteria, responden berjumlah 102 mahasiswa. Pengumpulan data dengan cara angket. Pengolahan data dengan tahapan editing, coding, entry and cleaning. Analisis data dengan uji T. Hasil penelitian didapatkan rata-rata motivasi mahasiswa sebelum dilakukan metode pebelajaran SCL adalah 65,95, sesudah 61,83. Secara statistic dengan uji T didapatkan metoda pembelajaran SCL mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa dengan p value 0.011 Disarankan kepada penanggung jawab institusi untuk menetapkan kebijakan, membuat komitmen dan meningkatkan sumberdaya dalam pembelajaran SCL.