Detail Penelitian

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA


by Admin | 2 hari yang lalu | 135 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Dra. ZULFA AMRINA M.Pd.
Judul Penelitian PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA
Tahun penelitian 2018
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Padang
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran matematika berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Kompetensi mahasiswa yang diteliti mencakup kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif. Tahapan pengembangan model pembelajaran matematika berbasis masalah terdiri dari 1) tahap awal, 2) tahap proto tipe yang mencakup perencanaan, evaluasi, dan revisi, 3) tahap penilaian produk. Kualitas model pembelajaran matematika berbasis masalah mengacu pada kriteria kualitas menurut Nieveen yang mencakup kriteria yang valid, praktis, dan efektif. Model pembelajaran matematika berbasis masalah telah diujikan kepada mahasiswa Prodi PGSD FKIP, Universitas Bung Hatta yang melibatkan 30 siswa dan 3 dosen matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 1) instrumen penilaian validitas, komponen model pembelajaran dan perangkat pembelajaran, 2) instrumen penilaian kepraktisan dari mahasiswa dan dosen, 3) instrumen efektifitas yang meliputi hasil pengujian dan penilaian apresiasi mahasiswa terhadap model pembelajaran matematika berbasis masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran matematika berbasis masalah yang mencakup langkah sintaks/pembelajaran, bersama dengan alat pembelajaran dalam bentuk rencana pembelajaran semester dan lembar kerja siswa telah memenuhi kriteria yang valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: pembelajaran matematis berbasis masalah, kompetensi siswa

Link Terkait