Detail Penelitian

Engine Scanner Berbasis Emisi Gas Buang Sebagai Alat Bantu Proses Tune Up Kategori Pembakaran Mesin Pada Bengkel Mobil


by Admin | 18 jam yang lalu | 156 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Andrizal, ST.,MT
Judul Penelitian Engine Scanner Berbasis Emisi Gas Buang Sebagai Alat Bantu Proses Tune Up Kategori Pembakaran Mesin Pada Bengkel Mobil
Tahun penelitian 2017
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Padang
Status Penelitian Dalam Proses

Abstrak


Kendaraan bermotor dengan sistem injeksi, telah dilengkapi dengan engine control unit (ECU) untuk mengatur komponen pembakaran berupa pengapian, aliran udara dan aliran bahan bakar pada ruang bakar agar didapat kondisi pemnakaran sempurna yang diinginkan. Untuk mendeteksi hasil pembakaran pada ruang mesin dapat dilakukan dengan engine scanner yang telah dilengkapi dengan indikator kategori pembakaran yang dihasilkan. Berbeda dengan kendaraan bermotor sistem karburator dimana pengaturan pengapian, aliran udara dan aliran bahan bakar dilakukan secara kendali mekanik. Untuk proses deteksi hasil pembakaran dilakukan secara manual oleh tenaga mekanik yaitu dengan mencium bau gas buang, mengamati warna asap emisi gas buang, mendengarkan irama mesin dan atau melihat bentuk sisa-sisa pembakaran yang melekat pada busi kendaraan tersebut. Untuk mendapatkan pembakaran sempurna suatu mesin kendaraan bermotor perlu dilakukan pengaturan proses pengapian, aliran udara dan aliran bahan bakar agar didapat keseimbangan unsur gas yang terlibat pada saat pembakaran pada mesin tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alat yang memiliki kemampuan berupa penciuman elektronik dengan memamfaatkan sensor gas O2,HC, CO dan CO2 melalui saluran gas buang untuk mengetahui kondisi pembakaran yang terjadi pada ruang bakar. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat engine scanner yang mampu mendeteksi dan menentukan tingkat pembakaran mesin mobil 4 tak bahan bakar bensin/pertalite sistem karburator dengan sistem hidung elektronik melalui gas buang. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah didapatkan rangkaian sensor parallel yang terdiri dari sensor O2,HC, CO dan CO2. Hasil deteksi sejumlah sensor ini masih berupa sinyal kontinyu dalam domain waktu dan selanjutnya di rubah menjadi sinyal data domain frekwensi dengan Fast Fourier Transform (FFT) dengan panjang data sebanyak 32 data dengan nilai amplitude yang bervariasi. Hasil magnitude dengan jumlah 32 data ini dipilih sebanyak 8 amplitude yang mencirikan pola data unsur gas O2,HC, CO dan CO2 dari gas buang yang dideteksi. Pengujian selanjutnya yang akan dilakukan adalah uji kadar gas buang menggunakan alat exhaust emission analyzer yang dimiliki Departemen Perhubungan terhadap beberapa jenis dan merek mobil serta tahun pembuatannya yang sudah dilakukan tun-up engine oleh tenaga mekanik terlatih. Uji ini dilakukan sebagai proses kalibrasi dan trainning sistem yang dibuat dengan alat exhaust emission analyzer, agar didapat data pola pembakaran sempurna dan pembakaran tidak sempurna.

Link Terkait