IDENTIFIKASI DIMENSI DOMINAN MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE UNTUK PENGEMBANGAN STRATEGI PROMOSI OBJEK WISATA KOTA PADANG (TAHUN 2)
Peneliti | Afifah, SE., M.Si |
Judul Penelitian | IDENTIFIKASI DIMENSI DOMINAN MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE UNTUK PENGEMBANGAN STRATEGI PROMOSI OBJEK WISATA KOTA PADANG (TAHUN 2) |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Murni |
Lokasi Penelitian | Sumbar |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Kegiatan promosi menjadi bahagian terpenting dalam kegiatan pemasaran objek wisata termasuk objek wisata di Kota Padang. Dalam kegiatan promosi dibutuhkan bahan promosi yang diaplikasikan dalam media kertas atau elektronik. Permasalahan yang ditemui pada kegiatan promosi objek wisata Kota Padang terutama dalam hal penggunaan bahan promosi, banyak yang belum menguji apakah bahan promosi tersebut sudah efektif sebagai media penyampaian pesan. Hal inilah yang menjadi fokus kegiatan pada penelitian tahun kedua ini. Efektifitas bahan promosi dilihat dari aspek empati, persuasive, dampak dan gaya komunikasi. Pada penelitian ini dilakukan pengujian bahan promosi yang digunakan oleh pengusaha tour and travel berbentuk brosur dan website serta bahan promosi milik pemerintah daerah Kota Padang berbentuk instagram. Hasilnya dari ketiga bahan promosi tersebut belum ada yang mencapai kualitas sangat efektif. Bahan promosi yang dinilai cukup efektif adalah website dan instagram sedangkan brosur menjadi bahan promosi yang paling tidak efektif. Untuk itu dilakukan revisi terhadap konten brosur dengan menambahkan informasi pengalaman yang paling berkesan dari pengunjung atau turis ketika berkunjung ke objek wisata Kota Padang. Unsur pengalaman yang ditambahkan adalah: (1) perasaan yang menyenangkan, (2) mendapat pengalaman baru, (3) pengalaman yang bermanfaat dan (4) terlibat dalam aktivitas di objek wisata. Unsur pengalaman ini merupakan hasil temuan penelitian tahun pertama. Brosur yang direvisi tersebut kemudian diuji kembali efektifitasnya, hasilnya kualitas konten dan tampilan brosur menjadi efektif sebagai media penyampaian pesan. Kegiatan lain dari penelitian ini adalah menyediakan bahan promosi yang efektif berbentuk street sign yang ditempatkan di kawasan wisata milik pemerintah daerah Kota Padang. Dari rangkaian kegiatan penelitian tahun pertama dan kedua dapat disusun pengembangan strategi promosi untuk objek wisata Kota Padang.