PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MULTI MEDIA INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DAN BERTRANSLATE BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013
Peneliti | YULFIA NORA |
Judul Penelitian | PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MULTI MEDIA INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DAN BERTRANSLATE BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 |
Tahun penelitian | 2017 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | sumbar |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji berbagai disiplin ilmu sosial dan humaniora serta kegiatan dasar manusia yang dikemas secara ilmiah dalam rangka memberi wawasan dan pemahaman yang mendalam kepada peserta didik, khususnya ditingkat dasar dan menengah (Susanto, 2013:137). kaiian IPS mencakup berbagai kehidupan yang beraspek majemuk baik hubungan sosial, ekonomi, psikologi, budaya, dan sejarah, semuanya dipelajari dalam ilmu sosial (Imam, 2007). Pembelajaran IPS hendaknya disajikan semenarik mungkin agar peserta didik dapat memahami seluruh kajian yang terdapat pada pembelajajaran IPS dengan mudah. Akan tetapi bila dilihat kenyataannya di sekolah, proses pembelajaran mata pelajaran IPS yang dilaksanakan oleh guru masih memiliki banyak keterbatasan diantaranya adalah (1) guru masih sering terfokus pada penggunaan buku teks, (2) media yang digunakan adalah media yang telah ada seperti gambar-gambar, selain itu (3) metode ceramah masih mendominasi dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran cenderung teacher centered. (4) tidak adanya modul yang interaktif yang dipergunakan guru dalam mengajar sehingga pembelajaran menjadi monoton. Dengan permasalahan yang dijumpai, hendaknya pembelajaran IPS harus disajikan semenarik munngkin dikarenakan pembelajaran IPS sangat berperan penting dalam menunjang perekonomin Indonesia dimasa yang akan datang. Adapun keterkaitan pembelajaran IPS dengan Ekonomi yaitu pembelajaran Ekomoni tergabung dalam bidang keilmuan IPS sehingga pembelajaran IPS merupakan sarana yang tepat untuk menunjang perekonomian Indonesia dimasa yang akan datang. Untuk itu siswa harus dibekali dengan pengetahuan Bahasa Inggris juga agar siswa memiliki bekal untuk dapat menghadapi persaingan MEA dimasa yang akan datang.