Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Geometri Ruang Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas
Peneliti | RISKA AMELIA S.Kom, M.Kom |
Judul Penelitian | Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Geometri Ruang Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas |
Tahun penelitian | 2017 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | sumbar |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan Untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang valid, praktis dan efektif berbentuk software (aplikasi android) yang menampikan pada materi geometri ruang pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah R&D. Pada penelitian ini pendekatan pengembangan yang digunakan adalah Model pengembangan Four-D THIAGARAJAN. Penelitian ini dilakukan dikelas X SMAN 6 Padang. Tahap-tahap pada penelitian ini adalah Define, Design, Develop, dan Disseminate. Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran ini digunakan intsrumen berupa review dari ahli media dan ahli materi terhadap produk yang dihasilkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan Studi kepustakaan. Metode Augmented Reality yang dipakai pada penelitian ini adalah Markerless Augmented Reality dengan teknik 3D Object Tracking. Hasil uji fungsionalitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi geometri dilakukan dengan black box testing dengan pengujian pada beberapa handphone Android. Uji black box menunjukan bahwa semua fungsi pada Aplikasi AR geometri dapat berfungsi dengan baik. Hasil penilaian ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa aplikasi ini valid untuk digunakan. Sementara respon penilaian menurut siswa berdasarkan kemudahan penggunaan, efektiftas waktu pembelajaran, dan daya tarik manfaat memperoleh skor 90,93%. Untuk uji efektifitas media pembelajaran memperoleh skor 52.30%. Kata kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Markerless Augmented Reality, 3D Object Tracking, Geometri ruang