Detail Penelitian

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA KE SD-AN MAHASISWA PRODI PGSD


by Admin | 1 hari yang lalu | 145 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti HIDAYATI AZKIYA S.Pd, M.Pd
Judul Penelitian PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA KE SD-AN MAHASISWA PRODI PGSD
Tahun penelitian 2017
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian sumbar
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka ingin mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan kurangnya keaktifan dan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia ke SD-an Prodi PGSD. Sehingga kebanyakan dari siswa malas belajar dan meribut saat proses pembelajaran berlangsung. Di sisi lain, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran aktif tipe card sort dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi PGSD. Penelitian ini akan dilakukan di Prodi PGSD tahun ajaran 2016/2017 Universitas Bung Hatta Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes hasil belajar serta teknik analisis data dengan uji-t dan ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe card sort lebih tinggi dari pada dengan model pembelajaran konvensional baik dari keseluruhan maupun dari motivasi belajar. Serta tidak terdapat interaksi dari model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap Keterampilan Berbahasa Indonesia ke SD-an. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif tipe card sort dan motivasi belajar berpengaruh terhadap Keterampilan Berbahasa Indonesia ke SD-an Kata kunci: model pembelajaran aktif tipe card sort, motivasi belajar, keterampilan berbahasa Indonesia ke SD-an

Link Terkait