Detail Penelitian

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PRODI DILUAR DOMISILI POLITEKNIK NEGERI PADANG (AKADEMI KOMUNITAS NEGERI PELALAWAN)


by Admin | 4 hari yang lalu | 157 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Humaira, ST,. MT
Judul Penelitian PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PRODI DILUAR DOMISILI POLITEKNIK NEGERI PADANG (AKADEMI KOMUNITAS NEGERI PELALAWAN)
Tahun penelitian 2016
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Sumbar
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


akademi komunitas Negeri Pelalawan ( AKNP ) dalam pengelolaan manajemen kearsipan masih dilakukan secara manual baik pencatatan nama mahasiswa maupun semua dokumen yang terkait kelancaran proses belajar mengajar masih menggunakan fasilitas Microsoft word dan excell, hal ini tentu menyulitkan bagi pengelola akademi komunitas dalam menjaga keamanan data tersebut. Sementara itu jumlah mahasiswa setiap tahunnya terus bertambah terkait dengan respon positif masyarakat Pelalawan menyambut akademi komunitas tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah sistem informasi manajemen yang terintegrasi sehingga data-data yang berhubugan dengan kemahasiswaan dan kepegawaian dapat terkelola dengan baik, mengingat selama ini pengelolaan data-data dimaksud masih dikerjakan secara manual melalui ketua program studi masing-masing dan tidak adanya standarisasi pengelolaan data diantara masing-masing program studi tersebut. Jika pengelolaan data mahasiswa tidak dilakukan sesuai stadarisasi yang baik dan benar maka tentu akan menyulitkan bahkan menghambat proses Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP) menjadi sebuah Akademi Komunitas yang mandiri di tahun 2016. Metode yang digunakan dalam pembangunan Sistem Informasi Manajemen pada Prodi Diluar Domisili adalah metode Spiral. Metode ini sangat cocok diimplementasikan untuk pengembangan sistem yang terintegrasi yaitu SI Akademik dan SI Kepegawaian. Tahapan pengembangan sistem dengan metode Spiral ini meliputi beberapa fase diantaranya Identifikasi, Desain, Implementasi dan Evaluasi serta Analisa Resiko.

Link Terkait