Perancangan Struktur Metode Student Centre Learning (SCL) pada Mata Kuliah Sistem Akuntansi dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
Peneliti | Zahara, SE, M.Ak, Ak |
Judul Penelitian | Perancangan Struktur Metode Student Centre Learning (SCL) pada Mata Kuliah Sistem Akuntansi dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) |
Tahun penelitian | 2016 |
Jenis Penelitian | Riset Murni |
Lokasi Penelitian | Sumbar |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan memecahkan masalah yang dihadapi mahasiswa dalam mata kuliah sistem akuntansi yang cenderung cepat bosan, kurang motivasi dan tidak tertarik untuk mengeksplorasi lebih jauh materi diajarkan, yang berpotensi menurunkan kemampuan hardskill dan softskill mereka. Penggunaan beberapa metode SCL dalam mata kuliah Sistem Akuntansi di Prodi D4 Akuntansi, menunjukkan mahasiswa lebih bersemangat dan lebih aktif dalam perkuliahan. Hal ini menjadi dasar bagi kami untuk meneliti lebih jauh metode SCL yang paling optimal untuk digunakan dalam setiap jenis materi dalam perkuliahan Sistem Akuntansi. Setiap metode SCL yang digunakan akan ditunjang dengan paket modul materi ajar yang mendukung. Modul ajar ini akan berisi ringkasan inti materi dan rancangan tugas dalam berbagai bentuk yang disesuaikan dengan metode SCL tersebut, dan dikombinasikan juga dengan penggunaan software komputer seperti dalam dalam merancang dan menggambar bagan alir (flowchart) prosedur sistem akuntansi yang selama ini masih dilakukan secara manual. Penelitian ini bersifat action research yang direncanakan dilaksanakan dalam waktu 2 (dua) tahun yang berbentuk tindakan kelas dengan mengacu kepada model model Kemmis dan MacTaggart. Penelitian ini dibagi atas 5 (lima) tahapan utama yaitu : tahap I berupa Perencanaan & Persiapan (Planning) dan tahap II berupa Tindakan & Pengamatan (Action & Observation) yang dilaksanakan pada tahun 1. Sedangkan tahap III merupakan kegiatan Analisis dan evaluasi (Reflecting&Replanning), tahap IV berupa Tindakan & Pengamatan (Action& Observation) perbaikan sesuai dengan hasil analisis dan evaluasi tahap III sebelumnya; tahap V adalah Analisis Hasil Akhir Penelitian (Reflecting) yang merupakan revisi final untuk rancangan struktur metode SCL dan paket buku ajar berdasarkan hasil analisis dan evaluasi perbaikan di tahap IV. Hasil penelitian ini akan bersifat aplikatif yang dapat diterapkan langsung pada perkuliahan Sistem Akuntansi di Prodi D3 dan D4 Akuntansi yang sudah berbasis KBK. Dengan adanya rancangan struktur metode SCL yang optimal untuk mata kuliah sistem akuntansi yang berbasis KBK dan ditunjang dengan modul ajar yang sesuai diharapkan akan dapat meningkatkan semangat dan motivasi mahasiswa dalam perkuliahan untuk membangun hardskill dan softskill mahasiswa secara komprehensif.