PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH AKUNTANSI BIAYA UNTUK PENDIDlKAN VOKASI
Peneliti | RINI FRIMA, SE.M.Si |
Judul Penelitian | PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH AKUNTANSI BIAYA UNTUK PENDIDlKAN VOKASI |
Tahun penelitian | 2016 |
Jenis Penelitian | Riset Murni |
Lokasi Penelitian | Sumbar |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Pendidikan vokasi/kejuruan sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional memainkan peran yang sangat strategis bagi terwujudnya tenaga kerja yang terampil. Dari berbagai kajian bahwa peluang untuk memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkelanjutan dari suatu negara akan semakin besar jika didukung oleh SDM yang memiliki: (1) pengetahuan dan kemampuan dasar untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan dan dinamika perkembangan yang tengah berlangsung; (2) jenjang pendidikan yang semakin tinggi; (3) keterampilan keahlian yang berlatar belakang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek); dan (4) kemampuan untuk menghasilkan produk-produk baik dari kualitas maupun harga, mampu bersaing dengan produk-produk lainnya di pasar global. Tanggung jawab dunia pendidikan khususnya pendidikan vokasi adalah untuk dapat menghasilkan lulusan yang kompeten. Oleh karena itu kompetensi yang akan dikembangkan melalui proses pembelajaran harus merujuk pada kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia industri