KOMUNIKASI CITY BRANDING DALAM MENGATASI KEMISKINAN: STUDI KASUS PEMANGKU KEPENTINGAN DAN PEKERJA KREATIF SEKTOR PARIWISATA KOTA PADANG
Peneliti | Dra. FITRI ADONA, M.Si |
Judul Penelitian | KOMUNIKASI CITY BRANDING DALAM MENGATASI KEMISKINAN: STUDI KASUS PEMANGKU KEPENTINGAN DAN PEKERJA KREATIF SEKTOR PARIWISATA KOTA PADANG |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Murni |
Lokasi Penelitian | Sumbar |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Strategi city branding yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang terkesan tidak menerapkan program internal branding, sehingga masyarakat setempat kurang menanggapinya, Maknanya pun kurang jelas bagi wisatawan dan investor dalam memahami karakter Kota Padang. Pembentukannya pun tidak mempertimbangkan pekerja kreatif sektor pariwisata dan indikator pengentasan kemiskinan. Focus Group Discussion (FGD) dirancang untuk mengungkap persepsi kelompok mengenai kerelevanan city branding Kota Padang. Pre-test bertujuan untuk menguji ketepatan konsep maupun eksekusi program city branding. Post-test bertujuan untuk mengetahui apakah tujuan city branding tercapai dengan melihat dampak kognisi, afeksi, maupun konasi yang terjadi pada sasaran. Penelitian ini berlangsung 2 tahun, tahun pertama mengevaluasi kinerja dan tahun kedua melakukan pengujian dan pembuktian tentang keberhasilan program dimaksud. Temuan penelitian ini diharapkan menjadi rekomendasi kebijakan bagi Pemerintah Kota Padang. Sebagai pengembangan ilmu yang diajarkan di perguruan tinggi, penelitian ini juga diharapkan dipublikasikan dalam seminar danjumal intemasional.