PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH UMUM BAHASA INGGRIS BERBASIS BLENDED LEARNING
Peneliti | M. Affandi Arianto, S.Pd, M.Pd |
Judul Penelitian | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH UMUM BAHASA INGGRIS BERBASIS BLENDED LEARNING |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Penelitian dosen pemula ini adalah penelitian pengembangan (R and D) yang difokuskan untuk melihat bagaimana bentuk bahan ajar yang digunakan oleh dosen pengampu Mata Kuliah Umum Bahasa Inggris selama ini di UNP, apa saja kebutuhan stakeholders terkait bahan ajar yang digunakan dalam pengajaran Mata Kuliah Umum Bahasa Inggris UNP, bagaimana bentuk bahan ajar bahasa Inggris yang diimplementasikan pada Mata Kuliah Umum Bahasa Inggris berbasis Blended Leaning UNP, dan bagaimana pandangan stakeholders dengan bahan ajar bahasa Inggris berbasis Blended Learning yang diimplementasikan pada Mata Kuliah Umum Bahasa Inggris UNP. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tahun akademik 2018/2019 dan sampel penelitian berjumlah 381 mahasiswa/i. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa mahasiswa menginginkan topik yang beragam. Selain itu, mahasiswa butuh untuk mempelajari jenis teks argumentative dan deskriptif untuk menunjang keterampilan mambaca mereka. Disamping itu, bahan ajar juga ditekankan pada pemaduan komponen bahasa seperti tata bahasa. Selanjutnya, Hasil dari analisa kebutuhan tersebut dijadikan dasar dalam mengembangkan bahan ajar berbasis blended learning. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh validator maka bahan ajar ini dinilai sangat valid dengan persentase 89% dengan penjabaran aspek didaktk sebesar 91.6%, aspek konstruktif sebesar 89.2%, dan aspek teknis sebesar 88.8%. Selanjutnya, ditemukan hasil praktikalitas menurut mahasiswa sebesar 73.04% dengan criteria cukup praktis