Efektivitas Penerapan Model Mengajar Reading Bagi Mahasiswa Kelas Bahasa Inggris Berkapasitas Besar MKU Universitas Negeri Padang
Peneliti | Dinovia Fannil Kher, , S.Pd, M.Pd |
Judul Penelitian | Efektivitas Penerapan Model Mengajar Reading Bagi Mahasiswa Kelas Bahasa Inggris Berkapasitas Besar MKU Universitas Negeri Padang |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah-masalah yang selama ini dihadapi oleh para dosen Mata Kuliah Umum (MKU) Bahasa Inggris di Universitas Negeri Padang. Keberagaman latar belakang disiplin ilmu, strategi belajar dan motivasi untuk belajar Bahasa Inggris yang dimiliki oleh para mahasiswa di kelas MKU menyebabkan para dosen merasa kesulitan dalam memilih model pembelajaran yang efektif dan efisien untuk semua mahasiswa didalam kelas. Masalah ini juga ditambah dengan kapasitas kelas MKU Bahasa Inggris yang besar. Masingmasing kelas terdiri dari 50 mahasiswa yang datang dari berbagai program studi selingkungan Universitas Negeri Padang. Akibatnya, pembinaan profisiensi Bahasa Inggris para mahasiswa MKU terutama pada peningkatan kemampuan mereka dalam memahami berbagai karya tulis dalam Bahasa Inggris menjadi lebih sulit dilakukan. Hal ini dibuktikan oleh rendahnya nilai mahasiswa yang didapatkan dari sebuah test Reading. Dari 100 mahasiswa MKU yang mengikuti test tersebut, ditemukan hanya 9% yang lulus dengan perolehan nilai B- dan C. Sementara itu, 91% mahasiswa lainnya dinyatakan tidak lulus dengan perolehan nilai D dan E. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dalam rangka melakukan peningkatan dalam proses belajar mengajar yang akan mampu meningkatkan kemampuan para mahasiswa. Hal penting dalam proses pembelajaran yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini adalah pemilihan dan penentuan model pembelajaran Reading yang cocok bagi mahasiswa dalam kelas berkapasitas besar yang dapat memfasilitasi perbedaan latar belakang bidang keilmuan masing-masing mahasiswa. Namun, yang menjadi catatan adalah bahwa penelitian ini adalah penelitian awal yang bertujuan untuk menentukan kemampuan dasar mahasiswa dalam Reading dan masalah-masalah apa saja yang mereka temui serta apa-apa saja yang menjadi hambatan bagi dosen dalam mengajar. Temuan dalam penelitian ini akan menjadi dasar pemikiran bagi penelitian lanjutan dalam menentukan model pembelajaran yang akan efektif dipakai dalam proses belajar mengajar MKU Bahasa Inggris.