Detail Penelitian

Efektivitas Jumbled-Letter Game Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Mahasiswa dalam Mata Kuliah Umum Bahasa Inggris di Universitas Negeri Padang


by Admin | 3 jam yang lalu | 150 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Nora Fudhla, S.Pd, M.Pd
Judul Penelitian Efektivitas Jumbled-Letter Game Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Mahasiswa dalam Mata Kuliah Umum Bahasa Inggris di Universitas Negeri Padang
Tahun penelitian 2018
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Kota Padang
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan mahasiswa dalam memahami bahan bacaan karena terbatasnya kosakata. Selain itu, kemampuan dan kecepatan penguasaan mahasiswa tersebut berbeda-beda dan sebagian mahasiswa masih kesulitan dalam mengeja kosakata dengan benar. Oleh karena itu, diterapkan suatu strategi berupa permainan bahasa bernama Jumbled-Letter Game. Strategi ini diasumsikan dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata mahasiswa karena mampu menciptakan meaningful dan joyful learning bahkan memungkinkan mahasiswa untuk mengeja kosakata Bahasa Inggris dengan benar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata Kuliah Umum Bahasa Inggris yang diampu oleh peneliti sejumlah 6 kelas. Sampel dipilih dengan metode Simple Random Sampling sejumlah 53 mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah test (Pretest dan post-test) dan angket persepsi mahasiswa. Data dari tes diolah secara kuantitatif (T Paired test) dan data dari angket diolah secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-tes adalah 50,87 sedangkan nilai rata-rata post test adalah 76,23. Hasil pengihitungan dengan T Paired test menunjukkan signifikansi dua ekor sebanyak 0.00 yang berarti strategi yang diterapkan efektif untuk meningkatkan kemampuan kosakata mahasiswa MKU Bahasa Inggris. Selain itu, hasil pengitungan dan deskripsi data angket menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap Jumbled-letter game dan menyatakan bahawa game tersebut sangat membantu dalam meningkatkan penguasaan kosakata mereka

Link Terkait