DESAIN MODUL ASAM BASA MODEL REACT (Relating, Experiencing, Apllying, Cooperating Dan Transfering) TERINTEGRASI EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Peneliti | Fauzana Gazali, M.Pd |
Judul Penelitian | DESAIN MODUL ASAM BASA MODEL REACT (Relating, Experiencing, Apllying, Cooperating Dan Transfering) TERINTEGRASI EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul asam basa yang valid dan praktis untuk pembelajaran kimia bagi siswa kelas XI MIA SMA. Modul ini dikembangkan sesuai dengan langkah-langkah strategi pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transfering) yang merupakan salah satu bentuk dari Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Developed dan Desseminate). Namun tahap Desseminate tidak dilakukan pada penelitian ini karena keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen Pengumpul data yang digunakan adalah berupa Angket validitas, angket respon guru dan angket respon siswa. Validasi modul rencananya dilakukan oleh 4 orang dosen dan 3 orang guru kimia SMA. Sedangkan data praktikalitas modul diperoleh dari angket respon guru dan siswa yang diolah dengan formula kappa cohen untuk melihat kepraktisan penggunaan modul dilapangan. Dari penelitian menghasilkan produk berupa modul asam basa model REACT yang valid dan praktis untuk pembelajaran kimia di SMA