Detail Penelitian

MODEL PRIORITAS SERVICE SCAPES DI HOSPITALITY CENTER, UNIVERSITAS NEGERI PADANG


by Admin | 3 jam yang lalu | 134 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Pasaribu, SST.Par, M.Si.Par
Judul Penelitian MODEL PRIORITAS SERVICE SCAPES DI HOSPITALITY CENTER, UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Tahun penelitian 2018
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Kota Padang
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Hospitality Center merupakan salah satu inkubator bisnis yang dikelola oleh Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP. Saat ini, Hospitality Center menyedikan jasa penginapan dan akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya. Konsumen yang menjadi pangsa pasar dari Akomodasi ini adalah tamu Universitas, peserta pelatihan, Mahasiswa dan karyawan, terutama yang berada dilingkungan Universitas Negeri Padang. Sebagai salah satu inkubator bisnis sejak UNP berubah status menjadi Badan Layanan Umum, unit ini diharapkan dapat menjadi salah satu pionir income generating yang dapat meberikan kontribusi signifikan terhadap pemasukan UNP. Untuk meningkatkan Occupancy dan memaksimalkan revenue dan Hospitality Center tersebut, maka perlu dilakukan pengkajian mengenai service scape yang diperlukan (Importance) oleh tamu dan bagaimana kinerja (performance) dari service scape itu sendiri yang sudah disediakan oleh pengelola. Penelitian ini berusaha untuk menilai tingkat kepentingan dan kinerja dari setiap item dari service scapes yang terdiri dari ambient conditions, spatial layout and functionality, sign, symbol, and artifacts. Tujuan penelitian ini adalah; untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kinerja dari service scapes, sehingga dapat memudahkan dalam menilai dan membantu mengambil tindakan akan service scapes yang telah dianalisis dan dikelompokkan kedalam melalui importance performance analysis, hal tersebut dapat menilai kondisi service scape yang sudah ada saat ini dan dapat membuat skala prioritas perbaikan kedepannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan angket kepada 80 orang tamu yang pernah atau sedang menginap di Hospitality Center, Universitas Negeri Padang. Hasil uji coba penelitian bahwa dari instrumen yang disusun tidak terdapat pernyataan yang gugur. Hasil penelitian menujukkan bahwa seluruh atribut dari service scapes tergolong pada kuadran B (Pertahankan Prestasi), dimana tingkat kepentingan dari servicescapes yang diperlukan oleh tamu, sudah dipenuhi oleh pihak pengelola

Link Terkait