Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai-nilai Demokrasi Minangkabau untuk Membangun Karakter Bangsa Siswa SD
Peneliti | Hasmai Bungsu Ladiva, M. Pd |
Judul Penelitian | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai-nilai Demokrasi Minangkabau untuk Membangun Karakter Bangsa Siswa SD |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membangun karakter bangsa siswa kelas V SD agar sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia yang bersumberkan dari kearifan lokal setempat yakni nilai-nilai demokrasi adat Minangkabau. Hal ini dilatarbelakangi permasalahan yang ditemukan berdasarkan pengamatan dan hasil diskusi dengan guru yang menunjukkan sikap dan perilaku siswa kelas V SDN 43 Siguntur Muda tidak sesuai dengan nilai-nilai karakter bangsa serta menjurus kepada tindak kenakalan yang mengkhawatirkan. Target yang ingin dicapai setelah penelitian ini adalah penemuan dan penyusunan perangkat pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berupa bahan ajar yang berbasis pada nilai-nilai demokrasi masyarakat Minangkabau, sehingga dapat digunakan oleh guru pada setiap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter bangsa siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu: 1) analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) penerapan, dan 5) evaluasi. Sebagai satu kesatuan model pengembangan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis nilai-nilai demokrasi Minangkabau di kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran PKn berbasis nilai-nilai demokrasi Minangkabau terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan dapat membangun karakter bangsa agar sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa