PEMANFAATAN LAGU ANAK-ANAK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBANGUNAN LABOR UNP
Peneliti | Fajry Sub'haan Syah Sinaga, S.Pd, M.A |
Judul Penelitian | PEMANFAATAN LAGU ANAK-ANAK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBANGUNAN LABOR UNP |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Berdasarkan Permendikbud No. 137 Tahun 2014, Kurikulum PAUD 2013 harus dilaksanakan sebagai landasan pendidikan yang dibagi kedalam sebelas tema yaitu:(1) Diri Sendiri, (2) Lingkunganku, (3) Kebutuhanku, (4) Binatang, (5) Tanaman, (6) Rekreasi, (7) Pekerjaan, (8) Air, Udara, Api, (9) Alat Komunikasi, (10) Tanah Air, (11) Alam Semesta. Pada pelaksanaannya, kurikulum tematik tersebut tidak pernah terlepas dari aktivitas musikal, salah satunya adalah bernyanyi. Hal ini diperkuat dengan penelitian Dincel (2017) yang mengemukakan bahwa lagu anak-anak memiliki kontribusi yang besar dalam pengembangan kepribadian dan membuat anak-anak merasa lebih bahagia, sehingga dapat mendorong komunikasi dan berkontribusi pada perkembangan kognitif dan linguistik anak-anak pada usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penggunaan lagu anak-anak dalam pembelajaran tematik berbasis aktivitas musikal pada masing-masing tema yang terkandung dalam Kurikulum PAUD 2013. Secara khusus penelitian ini diharapkan dapat menjadikan bahan acuan dalam mengembangkan bahan ajar menurut elemen musik yang sesuai pada lagu anak