Pengembangan Modul Pembelajaran Struktur Aljabar (Grup) Berbasis Logika Pembuktian
Peneliti | Defri Ahmad, S.Pd, M.Si |
Judul Penelitian | Pengembangan Modul Pembelajaran Struktur Aljabar (Grup) Berbasis Logika Pembuktian |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Matematika dipandang sebagai suatu disiplin ilmu yang membahas tentang hitungmenghitung (Hammock, 2013). Akan tetapi terdapat sisi lain dari matematika yang membedakannya dengan bidang ilmu lain, yaitu Pembuktian. Pembuktian merupakan suatu keharusan yang mencirikan ilmu matematika (Jones, 2000), bahkan sudah dilakukan semenjak dahulu kala. Meskipun pembuktian merupakan salah satu hal yang sangat utama dalam matematika akan tetapi pembuktian bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Salah satu topik dasar dalam matematika yang sarat akan pembuktian yaitu struktur aljabar. Untuk memahami konsep Struktur aljabar dibutuhkan kemampuan untuk memahami defenisi, aksioma, teorema, ataupun lemma yang bahasa penyusunannya adalah dengan bahasa logika matematika yang tersruktur. Dengan modul yang akan dirancang ini akan diberikan penekan yang jelas terhadap hubungan bahasa logika pada konsep dengan bahasa logika pembuktiannya sehingga topik-topik pada struktur aljabar lebih mudah dipahami. Pengembangan modul ini dilakukan melalui penelitian pengembangan (Research and Development) untuk menghasilkan modul yang valid melalui validitas, ujicoba (angket dan tes) dan revisi. Melalui modul pembelajaran yang dihasilkan ini diharapkan pemahaman konsep Struktur aljabar mahasiswa menjadi lebih mudah dilakukan baik secara mandiri maupun di kelas. Selain berupa peningkatan kemampuan mahasiswa melalui penelitian juga akan dihasilkan luaran berupa publikasi pada jurnal nasional berISSN, presentasi dan prosiding pada seminar nasional, dan draft buku.