Analisis Faktor Determinan Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Aplikasi E-Ticketing pada Masyarakat di Kota Padang
Peneliti | Megawati., SE.,M.M |
Judul Penelitian | Analisis Faktor Determinan Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Aplikasi E-Ticketing pada Masyarakat di Kota Padang |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Perkembangan tekhnologi informasi dan komunikasi saat ini sangat pesat dan berdampak pada kehidupan masyarakat modern. Berubahnya layanan dalam setiap transaksi baik pada barang maupun jasa dari yang sifatnya manual (bertemu secara langsung) antara pembeli dengan penjual telah beralih ke bentuk digital seperti yang dikenal saat ini yaitu penerapan e-ticketing sebagai perubahan sistem dari penggunaan tiketmanualmenjadielektronik danterkomputerisasi. Dierateknologi canggih saatini, pembelian tiket dapat dilakukan melalui penggunaan aplikasi dengan media telepon pintar (smartphone) maupun media lain yang terkoneksi dengan internet, potensi bisnis di sektor layanan ini pun semakin menjamur dan setiap layanan berusaha untuk memikat konsumen dengan memberikan kualitas yang terbaik bagi konsumen sehingga tercapai customer satisfaction (kepuasan pelanggan). Kepuasan konsumen merupakan salah satu bagian penting untuk mengukur kesuksesan dari sebuah usaha jasa e-ticketing. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh faktor determinan yang terdiri dari Technology Acceptance Factors, E-Service Quality dan Specific Hold-up Cost dari jasa e-ticketing terhadap kepuasan pelanggan. Sampel penelitian ini adalah seluruh masyarakat di kota Padang yang pernah melakukan pembelian tiket dengan menggunakan aplikasi melalui koneksi internet. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari varibel Technology Acceptance Model, Service Quality, Specific Hold-up Cost terhadap customer satisfaction (kepuasan pelanggan). Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat di kota padang yang menggunakan layanan jasa aplikasi/situs eticketing. Dengan teknik purposive sampling maka data yang digunakan sebagai sampel penelitian ini sebanya 246 responden melalui penyebaran kuesioner. Data dianalisi dengan menggunakan software SmartPLS3. Dengan melakukan pengujian Outer Model dan Inner Model, penelitian ini menunjukkan bahwa Technology Acceptance Model, Service Quality, Specific Hold-up Cost masing-masingnya berpengaruh terhadap customersatisfaction(kepuasanpelanggan).