Pengaruh Selfie Tourism dan Electronic Word of Mouth Terhadap Re-visit Intention Wisatawan pada Objek Wisata di Provinsi Sumatera Barat: Destination Virality sebagai Pemoderasi.
Peneliti | Okki Trinanda, SE, MM |
Judul Penelitian | Pengaruh Selfie Tourism dan Electronic Word of Mouth Terhadap Re-visit Intention Wisatawan pada Objek Wisata di Provinsi Sumatera Barat: Destination Virality sebagai Pemoderasi. |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Sumatera Barat |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh Selfie Tourism terhadap Word of Mouth pada objek Wisata di Provinsi Sumatera Barat, (2) pengaruh Selfie Tourism terhadap Destination Virality pada objek Wisata di di Provinsi Sumatera Barat, (3) pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Destination Virality pada objek Wisata di Provinsi Sumatera Barat, dan (4) kontribusi Destination Virality dalam menentukan pengaruh Selfie Tourism dan Electronic Word of Mouth terhadap Re-Visit Intention Wisatawan pada objek Wisata di Provinsi Sumatera Barat. Pengumpulan data dilakukan pada beberapa tempat wisata yang ada di kab/ kota di Sumatera Barat. Dalam hal ini dipilih Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kota Batusangkar, dan Kota Payakumbuh, yang dianggap memiliki tempat wisata yang banyak di share di media social. Waktu penelitian adalah 6 bulan dari Maret hingga Agustus 2018. teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling sebanyak 400 responden. metode analisis data yang digunakan adalah analisis SEM (Structural Equation Modeling) Hasil Penelitian ini menemukan bahwa (1) Selfie tourism mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap electronic word of mouth. (2) Selfie tourism mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention pada tempattempat wisata di Sumatera Barat, dan (3) Electronic word of mouth mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention pada tempat wisata di Sumatera Barat. Penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan potensi pariwisata di Sumatera Barat, terutama kepada pemertintah agar terus berusaha mengembangkan tempat-tempat wisata di Sumatera Barat umumnya, dan pada daerah-daerah yang memang menjadi tempat favorite tujuan wisata khususnya. Karena tidak hanya membuat Sumatera Barat semakin di kenal dunia luas, tetapi juga meningkatkan pendapatan daerah Sumatera Barat dengan kunjungan-kunjungan wisatawan tersebut.