Detail Penelitian

Implementasi Lesson Study Berbasis Tutor Teman Sebaya Untuk Pemberdayaan Komunitas Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Pasaman Barat


by Admin | 1 hari yang lalu | 139 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Nurliza Wati, M. Pd
Judul Penelitian Implementasi Lesson Study Berbasis Tutor Teman Sebaya Untuk Pemberdayaan Komunitas Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Pasaman Barat
Tahun penelitian 2018
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Kabupaten Pasaman Barat
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran lesson study dengan memfasilitasi tumbuhnya komunitas belajar melalui tutor teman sebaya pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kolaboratif (colaboration) dan komunikatif (communication) siswa sebagai aspek 4C yang harus dikembangkan pada peserta didik di abad 21. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pasaman Barat. Desain instruksional dalam penelitian ini menggunakan langkah yang sesuai dengan lesson study yaitu plan, do, action dan check. Peneliti dan Guru bersama-sama merancang pembelajaran sosiologi dan diimpementasikann melalui Penelitiaan Tindakan Kelas. Hasil Penelitian yang diharapkan adalah pertama pada aspek kognitif siswa dapat lebih mudah memahami materi karena melalui tutor teman sebaya akan terbangun perilaku potensial melalui pengorganisasian materi pembelajaran secara mandiri dalam bentuk mencari pertolongan dan memberi pertolongan selama proses belajar secara lebih intensif karena jarak psikologis yang minimal antara tutor dan tutee. Kedua, pada aspek afektif akan terjadi hubungan interaksi yang lebih erat antara peserta didik dan guru. Ketiga, Pada aspek keterampilan diharapkan akan terjadi peningkatan kemampuan kolaboratif dan komunikatif peserta didik. Pada akhirnya diharapkan pelaksanaan lesson study selama penelitian, juga telah mempererat kolegalitas antara tim peneliti dan guru mitra, membentuk mutual learning (saling belajar), terbentuknya komunitas belajar dan meningkatkan profesional guru sebagai pendidik dan pengajar

Link Terkait