Pengembangan dan Pemvalidasian Alat Ukur serta Perbaikan Iklim Kelas Perguruan Tinggi
Peneliti | Dr. Hadiyanto, M.Ed |
Judul Penelitian | Pengembangan dan Pemvalidasian Alat Ukur serta Perbaikan Iklim Kelas Perguruan Tinggi |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Murni |
Lokasi Penelitian | Sumatera Barat |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Perbaikan mutu pembelajaran di perguruan tinggi dapat dilakukan melalui pendekatan berskala makro atau dengan pendekatan mikro melalui perbaikan situasi pembelajaran di kelas. Pendekatan berskala makro telah banyak dilakukan dengan menciptakan regulasi berskala nasional maupun regional. Namun pendekatan berskala mikro, seperti yang dilaksanakan oleh para dosen melalui studi iklim kelas, belum dijadikan upaya yang sistematis untuk proses perbaikan pembelajaran. Pendekatan berskala mikro menuntut kemampuan dan kemauan evaluasi diri dari dosen yang bersangkutan; Idealnya, pendekatan berskala mikro ini harus dioptimalkan karena merupakan upaya perguruan tinggi untuk memberikan kepuasan pelanggan internalnya, yaitu mahasiswa. Studi ini merupakan penelitian multi years tahun kedua. Studi pada tahun pertama telah dilaksanakan pengembangan dan pemvalidasian alat ukur iklim kelas perguruan tinggi terhadap 1.244 mahasiswa di Universitas Negeri Padang, Universitas Ekasakti Padang, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanudin Padang Pariaman, UIN Sutan Kasim Pekanbaru, dan Universitas Negeri Gorontalo