Detail Penelitian

Pengembangan dan Pemvalidasian Alat Ukur serta Perbaikan Iklim Kelas Perguruan Tinggi


by Admin | 1 hari yang lalu | 143 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Dr. Hadiyanto, M.Ed
Judul Penelitian Pengembangan dan Pemvalidasian Alat Ukur serta Perbaikan Iklim Kelas Perguruan Tinggi
Tahun penelitian 2018
Jenis Penelitian Riset Murni
Lokasi Penelitian Sumatera Barat
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Perbaikan mutu pembelajaran di perguruan tinggi dapat dilakukan melalui pendekatan berskala makro atau dengan pendekatan mikro melalui perbaikan situasi pembelajaran di kelas. Pendekatan berskala makro telah banyak dilakukan dengan menciptakan regulasi berskala nasional maupun regional. Namun pendekatan berskala mikro, seperti yang dilaksanakan oleh para dosen melalui studi iklim kelas, belum dijadikan upaya yang sistematis untuk proses perbaikan pembelajaran. Pendekatan berskala mikro menuntut kemampuan dan kemauan evaluasi diri dari dosen yang bersangkutan; Idealnya, pendekatan berskala mikro ini harus dioptimalkan karena merupakan upaya perguruan tinggi untuk memberikan kepuasan pelanggan internalnya, yaitu mahasiswa. Studi ini merupakan penelitian multi years tahun kedua. Studi pada tahun pertama telah dilaksanakan pengembangan dan pemvalidasian alat ukur iklim kelas perguruan tinggi terhadap 1.244 mahasiswa di Universitas Negeri Padang, Universitas Ekasakti Padang, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanudin Padang Pariaman, UIN Sutan Kasim Pekanbaru, dan Universitas Negeri Gorontalo

Link Terkait