Detail Penelitian

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN GAME MENGGUNAKAN SCIENTIFIC MODEL UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL SISWA SMA


by Admin | 1 hari yang lalu | 168 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Dr. Djusmaini Djamas, M.Si
Judul Penelitian PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN GAME MENGGUNAKAN SCIENTIFIC MODEL UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL SISWA SMA
Tahun penelitian 2018
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Kota Padang
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Rendahnya critical thinking skill dan hasil belajar siswa SMA diprediksi disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan guru belum mendorong tumbuh kembangnya critical thinking siswa. Critical thinking skill merupakan kunci keberhasilan akademik seorang siswa. Kemampuan berpikir kritis dapat dilihat dari dua sisi yaitu keterampilan dan karakter berpikir kritis. Saat ini, rendahnya critical thinking skill sebagai salah satu indikator yang jelas dari rendahnya mutu pendidikan. Apabila keadaan ini dibiarkan berlarut-larut dan tidak ada upaya untuk memperbaikinya, maka masa depan pendidikan khususnya bidang fisika sebagai ilmu dasar akan sangat memprihatinkan. Pengembangan critical thinking skill memerlukan motivasi dan latihan yang berkelanjutan melalui inovasi pola membelajarkan siswa yang tepat. Berdasarkan analisis teoritis, pola membelajarkan siswa menggunakan bahan ajar berbasis mulltimedia interaktif berbantuan Game dapat dijadikan sebagai alternatif solusi yang tepat untuk meningkatkan motivasi dan mengembangkan critical thinking skill siswa. Bahan Ajar Fisika berbasis Multimedia Interaktif menggunakan Scientific model Berbantuan Game (BAF-MI-SM-Game) yang akan disusun didasarkan pada hasil analisis studi lapangan yang sudah dilakukan. Secara umum tujuan penelitian ini adalah meningkatkan mutu pembelajaran fisika. Namun secara khusus penelitian ini bertujuan membangun dan menghasilkan suatu pola membelajarkan siswa SMA mengimplementasikan BAF-MI-SM-Game yang lebih valid, efektif dan efektif

Link Terkait