Detail Penelitian

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan M-APOS Untuk Meningkatkan Daya Matematis Siswa SMP


by Admin | 1 hari yang lalu | 147 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Dr. Yerizon, M.Si
Judul Penelitian Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan M-APOS Untuk Meningkatkan Daya Matematis Siswa SMP
Tahun penelitian 2018
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Kota Padang
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Pada penelitian tahun pertama sudah dihasilkan perangkat pembelajaran (RPP dan LKPD) matematika matematika SMP dengan pendekatan M-APOS yang valid dan praktis. Perangkat ini dikembangkan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar dan daya matematis siswa yang rendah. Pada tahun pertama baru dilakukan uji coba terbatas, maka pada tahun kedua dilakukan uji coba pada kelas sesungguhnya dalam bentuk ekperimen. Tujuan dari penelitian pada tahun kedua ini adalah untuk melihat efektifitas dari perangkat yang telah dihasilkan dalam skala yang lebih luas dalam bentuk penelitian eksperimen. Secara keseluruhan perangkat pembelajaran dikembangkan dengan model pengembangan yang diadaptasi dari model Plomp. Proses pengembangan perangkat ini terdiri dari 3 fase yaitu front-end analysis/ preliminary research, development/ prototype phase dan assessment phase. Pada tahap assessment dilakukan eksperimen dengan design factorial 2x2. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan pendekatan M-APOS sedangkan kelas control diajar dengan pembelajaran konvensional dengan variable moderator adalah kemampuan awal siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur daya matematis siswa.

Link Terkait