Pengembangan Model Pembelajaran Apresiasi Seni Terpadu Berbasis Seni Nusantara Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Meningkatkan Pengalaman Estetis Siswa Sekolah Menengah Pertma
Detail Penelitian
Peneliti | Dr. Ramalis Hakim, M.Pd |
Judul Penelitian | Pengembangan Model Pembelajaran Apresiasi Seni Terpadu Berbasis Seni Nusantara Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Meningkatkan Pengalaman Estetis Siswa Sekolah Menengah Pertma |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 diberlakukan berbagai pendekatan dan model pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, dengan harapan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara optimal. Berdasarkan kondisi pembelajaran seni budaya, khususnya pada pembelajaran apresiasi seni saat ini masih jauh dari harapan, meskipun guru sudah menggunakan berbagai model pembelajaran yang sudah ada. Hal ini diduga disebabkan oleh karakteristik bidang studi atau materi ajar yang menghendaki model pembelajaran yang berbeda pula, sehingga diperlukan model pembelajaran yang sengaja dirancang khusus untuk pembelajaran apresiasi seni