PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERARGUMEN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KOTA PADANG
Peneliti | Prof. Dr. Syahrul R, M.Pd |
Judul Penelitian | PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERARGUMEN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KOTA PADANG |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengatasi keterbatasan bahan ajar Bahasa Indonesia pada pembelajaran menulis teks berargumen siswa kelas X SMA Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan proses pengembangan modul pembelajaran menulis teks berargumen berbasis problem based learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif; serta (2) untuk menghasilkan modul pembelajaran menulis teks berargumen berbasis problem based learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif, untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Kota Padang. Jenis penelitian adalah R & D (research & development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D (define, design, develop, and dessiminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Kota Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, angket, lembar observasi, dan tes. Wawancara digunakan untuk analisis awal akhir. Angket digunakan untuk validasi instrumen, analisis siswa, uji validitas, uji praktikalitas, dan penyebaran modul. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas dan sikap siswa dalam mempelajari modul, serta tes digunakan untuk mengukur keefektifan modul. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif menggunakan statistik deskriptif untuk memeroleh data validitas, praktikalitas, dan efektifitas modul