PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS VII SMP
Peneliti | Prof. Dr. Atmazaki, M. Pd |
Judul Penelitian | PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS VII SMP |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan, disimpulkan bahwa penting untuk mengembangkan bahan ajar membaca untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Bahan ajar tersebut dikembangkan untuk menunjang pembelajaran dan sebagai materi tambahan dalam pembelajaran. Keragaman kelompok etnis dengan latar belakang budaya dan bahasa, penting untuk mengembangkan bahan ajar berbasis CTL. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan proses pengembangan model bahan ajar berbasis CTL yang valid, praktis, dan efektif; serta (2) untuk menghasilkan model bahan ajar berbasis CTL yang valid, praktis, dan efektif, untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Kota Padang. Target penelitian adalah dihasilkannya (1) buku model pengembangan bahan ajar membaca, (2) bahan ajar membaca itu sendiri, dan (3) buku panduan penggunaan bahan di kelas untuk guru