Stimulated Recall Interview (SRI): Analisa Penggunaan Bahasa Target di Kelas Bahasa Inggris SMP di Kota Padang
Peneliti | Dra. Yetty Zainil, MA, Ph.D |
Judul Penelitian | Stimulated Recall Interview (SRI): Analisa Penggunaan Bahasa Target di Kelas Bahasa Inggris SMP di Kota Padang |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat fenomena alih kode (code-switching) oleh guru di sekolah menengah pertama dan persepsi mereka terhadap alih kode di dalam interaksi kelas dalam konteks Bahasa Indonesia (L2) sebagai bahasa formal, bahasa Minang sebagai bahasa ibu siswa (L1) dan bahasa Inggris sebagai bahasa sasaran (TL). Guru beralih kode dengan alasan pedagogis dan sosial (Caukill, 2015; Wardaugh, 2010), akan tetapi pertanyaannya adalah apakah para guru ini memahami kapan dan kenapa mereka beralih kode? Banyak penelitian membuktikan bahwa penggunaan bahasa ibu yang tidak berlebihan dalam interaksi murid dan guru di kelas bahasa asing berdampak positif terhadap pemerolehan bahasa asing oleh siswa, akan tetapi belum ada penjelasan yang cukup detail tentang hal ini (Cook, 2001; Lo, 2015; Waer, 2012). Kurikulum bahasa Inggris di Indonesia khususnya untuk tingkat sekolah menengah pertama menekankan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam interaksi belajar mengajar di dalam kelas akan tetapi kurikulum ini belum memberikan batasan mengenai penggunaan L1 di dalam kelas. Dengan kata guru belum punya pedoman untuk beralih kode