Detail Penelitian

Stimulated Recall Interview (SRI): Analisa Penggunaan Bahasa Target di Kelas Bahasa Inggris SMP di Kota Padang


by Admin | 2 hari yang lalu | 140 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Dra. Yetty Zainil, MA, Ph.D
Judul Penelitian Stimulated Recall Interview (SRI): Analisa Penggunaan Bahasa Target di Kelas Bahasa Inggris SMP di Kota Padang
Tahun penelitian 2018
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Kota Padang
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk melihat fenomena alih kode (code-switching) oleh guru di sekolah menengah pertama dan persepsi mereka terhadap alih kode di dalam interaksi kelas dalam konteks Bahasa Indonesia (L2) sebagai bahasa formal, bahasa Minang sebagai bahasa ibu siswa (L1) dan bahasa Inggris sebagai bahasa sasaran (TL). Guru beralih kode dengan alasan pedagogis dan sosial (Caukill, 2015; Wardaugh, 2010), akan tetapi pertanyaannya adalah apakah para guru ini memahami kapan dan kenapa mereka beralih kode? Banyak penelitian membuktikan bahwa penggunaan bahasa ibu yang tidak berlebihan dalam interaksi murid dan guru di kelas bahasa asing berdampak positif terhadap pemerolehan bahasa asing oleh siswa, akan tetapi belum ada penjelasan yang cukup detail tentang hal ini (Cook, 2001; Lo, 2015; Waer, 2012). Kurikulum bahasa Inggris di Indonesia khususnya untuk tingkat sekolah menengah pertama menekankan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam interaksi belajar mengajar di dalam kelas akan tetapi kurikulum ini belum memberikan batasan mengenai penggunaan L1 di dalam kelas. Dengan kata guru belum punya pedoman untuk beralih kode

Link Terkait