PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MELALUI PENGEMBANGAN PANDUAN LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENCEGAHAN TINDAKAN PELECEHAN SEKSUAL DIKALANGAN REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KOTA PADANG
Peneliti | Dr. Syahniar, M.Pd, Kons |
Judul Penelitian | PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MELALUI PENGEMBANGAN PANDUAN LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENCEGAHAN TINDAKAN PELECEHAN SEKSUAL DIKALANGAN REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KOTA PADANG |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Dewasa ini tindakan pelecehan seksual sebagai salah satu bentuk kejahatan di Indonesia, mengalami peningkatan. Layanan informasi dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling sudah dilaksanakan di sekolah-sekolah dalam upaya pencegahan meningkatnya tindakan pelecehan seksual tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) tindakan pelecehan seksual, (2) layanan informasi yang diikuti siswa untuk memahami aturan-aturan yang berkaitan dengan pelecehan seksual , dan (3) panduan layanan informasi menggunakan contextual teaching and learning dalam pencegahan kecenderungan tindakan pelecehan seksual di kalangan remaja. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) model 4-D, dengan tahap: (1) pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Subyek penelitian siswa, Guru BK/Konselor Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Padang. Penggumpulan data dilakukan dengan kuession, wawancara dan observasi serta analisis dokumen. Data kualitatif dianalisis secara naratif, sedang data kuantitatif dianalisis secara deskriptif.