PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MELALUI PENGEMBANGAN PANDUAN LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENCEGAHAN TINDAKAN PELECEHAN SEKSUAL DIKALANGAN REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KOTA PADANG
| Peneliti | Dr. Syahniar, M.Pd, Kons |
| Judul Penelitian | PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MELALUI PENGEMBANGAN PANDUAN LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENCEGAHAN TINDAKAN PELECEHAN SEKSUAL DIKALANGAN REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KOTA PADANG |
| Tahun penelitian | 2018 |
| Jenis Penelitian | Riset Terapan |
| Lokasi Penelitian | Kota Padang |
| Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Dewasa ini tindakan pelecehan seksual sebagai salah satu bentuk kejahatan di Indonesia, mengalami peningkatan. Layanan informasi dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling sudah dilaksanakan di sekolah-sekolah dalam upaya pencegahan meningkatnya tindakan pelecehan seksual tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) tindakan pelecehan seksual, (2) layanan informasi yang diikuti siswa untuk memahami aturan-aturan yang berkaitan dengan pelecehan seksual , dan (3) panduan layanan informasi menggunakan contextual teaching and learning dalam pencegahan kecenderungan tindakan pelecehan seksual di kalangan remaja. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) model 4-D, dengan tahap: (1) pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Subyek penelitian siswa, Guru BK/Konselor Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Padang. Penggumpulan data dilakukan dengan kuession, wawancara dan observasi serta analisis dokumen. Data kualitatif dianalisis secara naratif, sedang data kuantitatif dianalisis secara deskriptif.
