Detail Penelitian

MODEL PENGEMBANGAN SELF AWARENESS TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP PELAYANAN PRIMA UNTUK PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN SATISFACTION KONSUMEN PELAYANAN JASA UNIVERSITAS NEGERI PADANG


by Admin | 2 hari yang lalu | 138 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Drs. Taufik, M.Pd, Kons
Judul Penelitian MODEL PENGEMBANGAN SELF AWARENESS TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP PELAYANAN PRIMA UNTUK PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN SATISFACTION KONSUMEN PELAYANAN JASA UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Tahun penelitian 2018
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Kota Padang
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


Penelitian ini dijalankan didasari oleh adanya staf atau tenaga kependidikan yang tidak mampu memberikan pelayanan prima terhadap konsumen, khususnya di civitas akademik Universitas Negeri Padang.Universitas Negeri Padang masuk ke dalam urutan ke 61 (enam puluh satu) dari 100 (seratus) Universitas terbaik di Indonesia. Menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia mestinya staf dan tenaga kependidikan memiliki pelayanan yang prima kepada konsumen yang dalam hal ini adalah mahasiswa. Namun pada kenyataannya tenaga kependidikan masih banyak yang belum memiliki self awareness (kesadaran diri) dalam memberikan pelayanan prima kepada konsumennya. Sehingga yang terjadi adalah konsumen tidak mendapatkan satisfaction (kepuasan) terhadap pelayanan yang diberikan. Tentunya individu yang memilih dalam Perguruan Tinggi tidak terlepas dari unsur pelayanan dan kepuasan mahasiswa atas jasa pendidikan yang diperolehnya, maka dari itu tugas dari staf dan tenaga kependidikan adalah mempertahankan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada konsumen. Kajian literatur terbatas menunjukkan pelayanan Universitas Negeri Padang belum memuaskan pemustaka saat berkunjung, beberapa mahasiswa juga mengatakan bahwa tenaga kependidikan tidak melakukan pelayanan dengan baik kurang ramah serta suka menunda-nunda dalam urusan surat menyurat, hal ini jika dibiarkan akan berakibat buruk pada civitas akademik. Kondisi ini jika dibiarkan juga akan berdampak pada kekecewaan konsumen terhadap Universitas Negeri Padang. Untuk mengentaskan masalah tersebut dilakukan upaya pengembangan self awareness civitas akademik terhadap pelayanan prima untuk pengembangan dan peningkatan satisfaction konsumen pelayanan jasa Universitas Negeri Padang

Link Terkait