MODEL INTEGRASI NILAI-NILAI ANTI LGBT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang)
Peneliti | Dr. Junaidi Indrawadi, S.Pd, M.Pd |
Judul Penelitian | MODEL INTEGRASI NILAI-NILAI ANTI LGBT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang) |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Fenomena Lesbian, Gay, Bisexual dan Transgender (LGBT) menjadi salah satu persoalan bangsa yang menyita perhatian publik saat ini. Masalah ini menjadi perdebatan hangat baik dikalangan politisi, pakar hukum maupun akademisi. Sementara disisi lain, pembelajaran Pendidikan Pancasila sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian yang mentranformasikan nilai-nilai luhur bangsa belum mampu mengantisipasi perkembangan LGBT tersebut. Penelitian dilakukan pada pada mahasiswa dan dosen yang mengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila. Penelitian ini direncanakan dalam dua tahun. Tahun pertama, penelitian ini memetakan, mengeksplorasi dan menganalisis pandangan mahasiswa terhadap eksistensi LGBT dan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila di Universitas Negeri Padang