PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LITERASI KEWARGAAN BERBASIS PENDEKATAN VCT MODEL MATRIKS SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN GOOD CITIZEN DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Peneliti | Dra. Reinita, M.Pd |
Judul Penelitian | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LITERASI KEWARGAAN BERBASIS PENDEKATAN VCT MODEL MATRIKS SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN GOOD CITIZEN DI KELAS V SEKOLAH DASAR |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Murni |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Guru sekolah dasar (SD) kurang berhasil membelajarkan PKn secara utuh. Hal tersebut terlihat dari kecenderungan penuntasan materi pembelajaran secara kognitif. Sehingga menyebabkan pembinaan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila menjadi terabaikan. Hasilnya perilaku negatif masih saja muncul dan berkembang di kalangan peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukanlah pengembangan bahan ajar literasi kewargaan menggunakan pendekatan VCT model matriks sebagai upaya mewujudkan peserta didik menjadi warga negara yang baik (good citizen). Bahan ajar ini membantu praktisi di lapangan untuk mengajarkan bidang studi PKn secara utuh, meliputi aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar literasi kewargaan berbasis pendekatan VCT model matriks sebagai upaya mewujudkan good citizen di kelas V SD yang valid dan praktis. Target yang ingin dicapai dalam penelitian tahun pertama ini adalah menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan bahan ajar literasi kewargaan berbasis pendekatan VCT model matriks di kelas V SD yang valid dan praktis. Metode pengembangan bahan ajar literasi kewargaan berbasis pendekatan VCT model matriks di kelas V SD yang digunakan adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu: (1) analysis (analisis), (2) design (desain), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), dan (5) evaluasi (evaluasi).